Yulianti, Yulianti (2017) Kontribusi Konsep Diri Akademik Matematika dan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Berprestasi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_YULIANTI_15151052_5332_2017.pdf [thumbnail of B1_01_YULIANTI_15151052_5332_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_YULIANTI_15151052_5332_2017.pdf
Download (720kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi berprestasi
siswa. Konsep diri akademik matematika dan dukungan orangtua merupakan
faktor yang diduga mempengaruhi motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan konsep diri akademik matematika, (2)
mendeskripsikan dukungan orangtua, (3) mendeskripsikan motivasi berprestasi,
(4) menguji kontribusi konsep diri akademik matematika terhadap motivasi
berprestasi, (5) menguji kontribusi dukungan orangtua terhadap motivasi
berprestasi, dan (6) menguji kontribusi konsep diri akademik matematika dan
dukungan orangtua secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 13
Padang yang berjumlah 525 orang. Sampel berjumlah 342 orang, yang dipilih
dengan teknik pengambilan sampel purposivesampling. Instrumen yang
digunakan adalah kuesioner. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen konsep
diri akademik matematika sebesar 0,469, dukungan orangtua sebesar 0,423, dan
motivasi berprestasi sebesar 0,424. Hasil uji reliabilitas instrumen konsep diri
akademik matematika sebesar 0,907, dukungan orangtua 0,914, motivasi
berprestasi 0,889. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana,
dan regresi ganda.
Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) skor gambaran konsep diri
akademik matematika berada pada kategori positif, (2) skor gambaran dukungan
orangtua berada pada kategori tinggi, (3) skor gambaran motivasi berprestasi
berada pada kategori tinggi, (4) kontribusi konsep diri akademik matematika
terhadap motivasi berprestasi sebesar 25%, (5) kontribusi dukungan orangtua
terhadap motivasi berprestasi sebesar 21%, dan (6) kontribusi konsep diri
akademik matematika dan dukungan orangtua secara bersama-sama terhadap
motivasi berprestasi sebesar 34%. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan
sebagai masukan untuk membuat program pelayanan bimbingan dan konseling
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:58 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4850 |