Syahputra, Yuda (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Video untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_YUDA_SYAHPUTRA_16151050_3110_2018.pdf [thumbnail of B1_01_YUDA_SYAHPUTRA_16151050_3110_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_YUDA_SYAHPUTRA_16151050_3110_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perilaku agresif sangat penting untuk dikurangi dalam kegiatan pendidikan,
untuk mengurangi perilaku agresif siswa tentunya perlu peran dari guru
bimbingan dan konseling atau konselor (BK/Konselor) untuk pemberian layanan
bimbingan dan konseling. Salah satu layanan bimbingan konseling yang dapat
membantu mengurangi perilaku agresif adalah layanan bimbingan kelompok.
Penggunaan media pendukung dalam pemberian layanan bimbingan kelompok
dengan menggunakan video menjadi lebih menarik dan membuat group dynamics
menjadi lebih aktif. Lebih lanjut dengan tayangan video dapat mempengaruhi
kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan video untuk mengurangi
perilaku agresif siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah
Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group.
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP
(kelompok eksperimen) dan SMP N 25 Padang (kelompok kontrol). Pemilihan
subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian
sepuluh orang dengan kategori perilaku agresif tinggi, moderat (sedang) dan
rendah. Instrumen yang digunakan yaitu skala perilaku agresif dengan model
skala Likert yang telah di uji validitas dan reliabelitas menggunakan RASCH
model. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang
menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00.
Temuan penelitian ini yakni: (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku
agresif siswa kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest)
mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan video, (2) terdapat
perbedaan perilaku agresif siswa kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah
(posttest) mengikuti layanan bimbingan kelompok konvensional, (3) terdapat
perbedaan yang signifikan perilaku agresif kelompok eksperimen yang diberikan
layanan bimbingan kelompok menggunakan video dengan siswa kelompok
kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok konvensional. Perbedaan
dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih rendah dari
pada kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa
layanan bimbingan kelompok menggunakan video efektif dalam mengurangi
perilaku agresif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERILAKU AGRESIF, LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK, DAN VIDEO |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:44 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4845 |