Syahputra, Yuda (2018) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Video untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_YUDA_SYAHPUTRA_16151050_3110_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perilaku agresif sangat penting untuk dikurangi dalam kegiatan pendidikan, 
untuk mengurangi perilaku agresif siswa tentunya perlu peran dari guru 
bimbingan dan konseling atau konselor (BK/Konselor) untuk pemberian layanan 
bimbingan dan konseling. Salah satu layanan bimbingan konseling yang dapat 
membantu mengurangi perilaku agresif adalah layanan bimbingan kelompok.
Penggunaan media pendukung dalam pemberian layanan bimbingan kelompok 
dengan menggunakan video menjadi lebih menarik dan membuat group dynamics
menjadi lebih aktif. Lebih lanjut dengan tayangan video dapat mempengaruhi 
kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 
efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan video untuk mengurangi 
perilaku agresif siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah 
Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. 
Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP 
(kelompok eksperimen) dan SMP N 25 Padang (kelompok kontrol). Pemilihan 
subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian
sepuluh orang dengan kategori perilaku agresif tinggi, moderat (sedang) dan 
rendah. Instrumen yang digunakan yaitu skala perilaku agresif dengan model 
skala Likert yang telah di uji validitas dan reliabelitas menggunakan RASCH 
model. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang 
menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00.
Temuan penelitian ini yakni: (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku 
agresif siswa kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest)
mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan video, (2) terdapat 
perbedaan perilaku agresif siswa kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah 
(posttest) mengikuti layanan bimbingan kelompok konvensional, (3) terdapat 
perbedaan yang signifikan perilaku agresif kelompok eksperimen yang diberikan 
layanan bimbingan kelompok menggunakan video dengan siswa kelompok 
kontrol yang diberikan layanan bimbingan kelompok konvensional. Perbedaan 
dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih rendah dari 
pada kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa 
layanan bimbingan kelompok menggunakan video efektif dalam mengurangi 
perilaku agresif siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PERILAKU AGRESIF, LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK, DAN VIDEO | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:44 | 
| Last Modified: | 26 Mar 2025 03:44 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4845 | 
         