Pengaruh Explicit Intruction dan Creativity Quotient terhadap Kemampuan Musik Tradisional di Prodi Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Syeilendra, Syeilendra (2018) Pengaruh Explicit Intruction dan Creativity Quotient terhadap Kemampuan Musik Tradisional di Prodi Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_SYEILENDRA_51802_867_2019.pdf] Text
B1_7_08_SYEILENDRA_51802_867_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar
kemampuan musik tradisional mahasiswa diberi perlakuan model pembelajaran
explicit instruction dibanding model konvensional, (2) interaksi antara model
pembelajaran explicit instruction dan creativity quotient terhadap hasil belajar
kemampuan musik tradisional, (3) perbedaan hasil belajar kemampuan musik
tradisional mahasiswa memiliki creativity quotient tinggi antara diberi model
pembelajaran explicit instruction dengan model pembelajaran konvensional, (4)
perbedaan hasil belajar kemampuan musik tradisional mahasiswa memiliki creativity
quotient rendah yang diberi perlakuan model pembelajaran explicit instruction
dengan model pembelajaran konvensional.
Sample penelitian 18 orang mahasiswa memakai rumus Verduci 27%
creativity quotient (9 orang) dan 27% creativity quotient rendah (9 orang) diambil
secara acak. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik,
dilanjutkan dengan pengujian hipotesis, dan desain Anava by level 2x2 pada
taraf a = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Tukey.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan, hasil belajar
kemampuan musik tradisional mahasiswa yang diberi perlakuan model
pembelajaran explicit instruction lebih tinggi dari hasil kemampuan musik
tradisional mahasiswa yang diberi model pembelajaran konvensional. (2)
Terdapat interaksi antara model pembelajaran explicit intruction dan model
pembelajaran konvensional dengan creativity quotient (tinggi dan rendah)
terhadap hasil belajar kemampuan musik tradisional mahasiswa. (3)Untuk
mahasiswa yang memiliki creativity quotient tinggi, hasil belajar kemampuan
musik tradisional bagi mahasiswa yang diberi perlakuan model pembelajaran
explicit instruction lebih tinggi dari mahasiswa yang diberi model pembelajaran
konvensional. (4) Untuk mahasiswa yang memiliki creativity quotient rendah,
hasil belajar kemampuan musik tradisional bagi mahasiswa yang diberi
pembelajaran konvensional, lebih rendah dari yang diberi perlakuan pembelajaran
explicit instructio
Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kemampuan
musik tradisional mahasiswa pada kedua perlakuan memberikan perbedaan yang
signifikan. Melalui uji lanjut terbukti bahwa hasil belajar kemampuan musik
tradisional yang diberi perlakuan model pembelajaran explicit instruction lebih
tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diberi perlakuan model konvensinal

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Explicit Intruction Creativity Quotient Kemampuan Musik Tradisional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:44
Last Modified: 26 Mar 2025 03:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4839

Actions (login required)

View Item
View Item