Masuddin, Masuddin (2013) Kontribusi Kepemimpinan Transaksional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di kota padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MASUDDIN_19066_3645_2013.pdf [thumbnail of B1_1_MASUDDIN_19066_3645_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MASUDDIN_19066_3645_2013.pdf
Download (310kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena penurunan profesionalitas guru SMP
Negeri di Kota Padangsidimpuan. Hal ini antara lain tampak dari 1) Guru jarang
menyusun program-program yang akan dilaksanakan, baik program tahunan, program
semester, maupun rencana pelaksanaan pembelajaran. 2) Guru kurang menguasai bahan
atau materi pembelajaran yang akan dilaksanakan, yang terlihat dari cara memilih dan
menyusun bahan pengajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik dan taraf kemampuan
berpikir siswa. 3) Guru kurang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang
media pengajaran. 4) Guru jarang menggunakan media belajar yang sesuai dengan yang
telah ditetapkan berdasarkan kurikulum yang ada. 5) Guru jarang menerapkan teknik
evaluasi yang tepat yang sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan sebelumnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kontribusi Kepemimpinan transaksional
kepala sekolah terhadap profesionalitas Guru SMP Negeri di Kota Padangsidimpuan. 2)
Kontribusi Motivasi berprestasi terhadap profesionalitas Guru SMP Negeri di Kota
Padangsidimpuan. 3) Kontribusi Kepemimpinan transaksional kepala sekolah dan motivasi
berprestasi guru secara bersama-sama terhadap profesionalitas Guru SMP Negeri di Kota
Padangsidimpuan.
Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah
517 orang. Selanjutnya dari seluruh populasi ditetapkan sampel sebanyak 69 orang yang
ditetapkan secara stratified proportional random sampling, yaitu berdasarkan tingkatan
golongan guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang
terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Analisis statistik dilakukan
dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for The Sosial Sciences versi 17.00).
Dari penelitian yang dilaksanakan diketahui bahwa: 1) Kepemimpinan Transaksional
Kepala Sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri
di Kota Padangsidimpuan sebesar 36,60%. Artinya untuk meningkatkan Profesionalitas
Guru maka mesti dilakukan dengan memperbaiki atau meningkatkan kemampuan untuk
mengetahui keinginan guru, memberikan imbalan atau janji, dan responsif terhadap
kepentingan guru. 2) Motivasi Berprestasi berkontribusi secara signifikan terhadap
Profesionalitas Guru SMP Negeri di Kota Padangsidimpuan sebesar 28,30%. Artinya
untuk meningkatkan Profesionalitas Guru maka mesti dilakukan dengan memperbaiki atau
meningkatkan kemampuan guru dalam mencapai keberhasilan pada tugas-tugas
menantang, menyukai situasi yang menimbulkan kinerja, menginginkan umpan balik atas
keberhasilan dan kegagalannya, cenderung menjadi entrepreneurship yang berhasil. 3)
Kepemimpinan Transaksional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi secara bersamasama
berkontribusi secara signifikan terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Kota
Padangsidimpuan sebesar 48%. Artinya untuk meningkatkan Profesionalitas Guru maka
mesti dilakukan perbaikan pada Kepemimpinan Transaksional Kepala Sekolah dan
Motivasi Berprestasi guru di SMP Negeri di Kota Padangsidifgmpuan
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 04:51 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 04:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4834 |