Haryono, Yosky (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII di MTs Negeri 1 Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_YOSKI_HARYONO_15155012_2641_2017.pdf [thumbnail of B1_01_YOSKI_HARYONO_15155012_2641_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_YOSKI_HARYONO_15155012_2641_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam belajar PPKn belum
sepenuhnya memuaskan. Salah satu penyebab adalah belum dikembangkan dan
dimanfaatkan secara optimal model pembelajaran yang tersedia oleh guru.
Penelitian ini bertujuan menyelidiki hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini adalah penelitian eksprimen yang dilaksanakan di MTs Negeri
1 Bukittinggi dengan model disain penelitian factorial 2x2. Populasi penelitian
adalah siswa kelas VII dengan sampel terdiri dari 2 kelas dimana berfungsi
sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah masing-masing siswa per
sampel adalah 36 orang untuk kelas kontrol dan 37 orang untuk kelas eksperimen.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan tes
hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua arah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Dengan menggunakan uji-t,
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe
Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelas yang menggunakan
model konvensional. 2). Dengan menggunakan uji-t, tidak terdapat perbedaan
yang signifikan antara hasil belajar siswa motivasi tinggi yang menggunakan
model kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang menggunakan model
konvensional. 3). Dengan menggunakan uji-t, terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa motivasi rendah yang menggunakan model kooperatif
tipe Jigsaw dengan siswa yang menggunakan model konvensional. 4). Tidak
terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar setelah dilakukan analisis menggunakan uji anava
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:44 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4826 |