Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Batang Gasan. Tesis. Universitas Negeri Padang.

Septriyana, Yorha (2018) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa di Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Batang Gasan. Tesis. Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_YORHA_SEPTRIYANA_16124125_4316_2018.pdf] Text
B1_01_YORHA_SEPTRIYANA_16124125_4316_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan matematis siswa, khususnya kemampuan pemecahan
masalah dan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini terjadi karena
pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru. Siswa
cenderung pasif dan belum memiliki kesempatan mengemukakan ide-idenya.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME). Pada pendekatan RME, siswa didorong untuk
bertukar ide, mengkritisi ide siswa lain, serta belajar dari ide-ide siswa lainnya
yang dirasa tepat. Keadaan seperti ini akan melatih kemandirian siswa dalam
belajar. Dengan kata lain, pendekatan RME menghendaki keterlibatan
kemandirian belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Batang Gasan. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN 13 Kecamatan Batang Gasan dan siswa kelas IV SDN
17 Kecamatan Batang Gasan. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan angket.
Analisis data menggunakan uji t dan Anova dua arah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah
dan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik
daripada siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional, 2) kemampuan
pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dengan kemandirian belajar
tinggi, sedang, dan rendah yang belajar dengan pendekatan RME lebih baik
daripada yang belajar dengan pendekatan konvensional, 3) tidak terdapat interaksi
antara pendekatan RME dan kemandirian belajar matematika siswa terhadap
kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:43
Last Modified: 26 Mar 2025 02:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item
View Item