Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas III SDN 08 Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Yenti, Yesni (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas III SDN 08 Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_YESNI_YENTI_14124088_6248_2017.pdf] Text
B1_01_YESNI_YENTI_14124088_6248_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang ditemui pada awal penelitian adalah rendahnya aktivitas dan
hasil belajar tematik peserta didik kelas III SDN 08 Alahan Panjang Kecamatan
Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendiskripsikan peningkatan aktifitas dan hasil belajar tematik peserta didik
dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas III SDN 08 Alahan Panjang
Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Adapun tahapan-tahapan yang dilalui yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)
Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah
guru dan peserta didik kelas III SDN 08 Alahan Panjang Kecamatan Lembah
Gumanti Kabupaten Solok pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah guru 1
orang dan jumlah peserta didik sebanyak 22 orang dengan 13 orang perempuan
dan 9 orang laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas
dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran cooperative learning
tipe STAD. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar
yang berbentuk tes objektif dan tes esay. Lembar observasi digunakan untuk
mengamati aktivitas guru dan aktivitas peserta didik sedangkan tes hasil belajar
yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik.
Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik dengan pembelajaran
model Student Teams Achievement Devisions (STAD). Peningkatan aktivitas
terlihat dengan terlatihnya peserta didik dalam aktivitas belajar kooperatif tipe
STAD, seperti merespon/menjawab pertanyaan guru, bekerjasama dalam
menyelesaikan LKS dalam kelompok belajar, memberi penjelasan kepada teman
dalam kelompok, menghargai pendapat teman, melaporkan hasil diskusi
kelompok kedepan kelas, bertanggungjawab tidak hanya terhadap diri sendiri juga
terhadap kelompok dan mengerjakan soal kuis secara individu, serta terlihatnya
perubahan pada hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian pada siklus I
pertemuan I, nilai rata-rata peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Indonesia
6,5, matematika 5,8, dan IPA 6,0 serta IPS 6,0: pertemuan II bahasa Indonesia
6,7, matematika 6,2, IPA 6,5 serta IPS 6,5. Dengan persentasi kelas 87,5%
peserta didik, dan hasil belajar kognitif 84%, afektif 87%,psikomotor 90,5%.
pertemuan III bahasa Indonesia 6,7, matematika 6,2 IPA 6,7 dan IPS
6,7.Padasiklus II pertemuan I, rata-rata nilai peserta didik dalam bahasa Indonesia
7,5, matematika 6,5, IPA 6,5, IPS 6,5. Pertemuan II, bahasa Indonesia 8,5,
matematika 7,5, IPA 7,5, serta IPS 7,5.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:25
Last Modified: 26 Mar 2025 02:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item
View Item