Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan KTSP SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Basung

Alfiandri, Alfiandri (2012) Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan KTSP SMP Negeri di Kecamatan Lubuk Basung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ALFIANDRI_51553_6002_2012.pdf] Text
B1_1_ALFIANDRI_51553_6002_2012.pdf

Download (187kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal ditemukan KTSP merupakan suatu
dokumen yang langka di setiap SMP di Kecamatan Lubuk Basung, kalaupun ada
sebagian besar merupakan hasil kopian dari KTSP sekolah lain. Demikian juga
halnya dalam dokumen II KTSP yang memuat perangkat pembelajaran guru juga
merupakan kopian dari perangkat pembelajaran guru di sekolah lain. Padahal
penyelenggaraan pendidikan di suatu sekolah harus berdasarkan kepada potensi
sekolah dan potensi peserta didik yang ada di sekolah. Hal ini diduga
ketidakmampuan Kepala Sekolah dan Majelis Guru dalam menyusun komponen
komponen yang ada dalam dokumen KTSP.
Tiga hipotesis diuji dalam penelitian ini, pertama, kompetensi manajerial
kepala sekolah berkontribusi dalam mengimplementasikan KTSP SMP, kedua,
Kompetensi professional guru berkontribusi dalam mengimplementasikan KTSP,
dan ketiga, Kompetensi manajerial kepala sekolah dan kompetensi profesional
guru berkontribusi dalam mengimplementasikan KTSP SMP Negeri di
Kecamatan Lubuk Basung.
Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Lubuk
Basung, Kabupaten Agam. Sampel sebesar 60 orang diambil dengan teknik
stratified proportional random sampling dengan mempertimbangkan strata tingkat
pendidikan, masa tugas, jenis kelamin dan sertifikasi guru. Instrumen yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah angket yang telah diuji keandalan dan
kesahihannya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan
regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa ketigta hipotesis secara empiris
diterima, yaitu: kompetensi manajerial kepala sekolah dan kompetensi profesional
guru, secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama berkontribusi dalam
mengimplementasikan KTSP di SMP Negeri kecamatan Lubuk Basung,
Kabupaten Agam. 1) Kompetensi manajerial kepala sekolah sangat signifikan
dalam mengimplementasikan KTSP sebesar 34,2%, 2) kompetensi profesional
guru berkontribusi dalam mengimplementasikan KTSP sebesar 22,6%, 3)
kompetensi manajerial kepala sekolah dan kompetensi professional guru secara
bersama-sama berkontribusi dalam mengimplementasikan KTSP sebesar 24,3%.
Kompetensi manajerial kepala sekolah dan kompetensi profesioanl guru
adalah dua faktor penting dan signifikan dalam mengimplementasikan KTSP,
disampig faktor-faktor lain yang tidak bisa diabaikan, yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:08
Last Modified: 26 Mar 2025 02:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item
View Item