Marlina, Yanda (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_YANDA_MARLINA_1305618_1223_2018.pdf [thumbnail of B1_01_YANDA_MARLINA_1305618_1223_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_YANDA_MARLINA_1305618_1223_2018.pdf
Download (788kB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika adalah salah satu hal penting dalam
pembelajaran matematika. Pada kenyataannya, ditemukan fakta bahwa
pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Padang masih rendah.
Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa penyebabnya adalah ketika
guru menjelaskan materi pelajaran, kebanyakan siswa asyik berinteraksi dengan
teman disebelahnya serta kurang antusias mengerjakan soal latihan yang
diberikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika
siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa
secara aktif dalam belajar dan mengerjakan latihan. Model pembelajaran yang
dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a
Match lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan
Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN
3 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik
simple random sampling, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa
soal esai untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data yang
digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan analisis hasil tes akhir pemahaman konsep matematika siswa,
diperoleh rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 66,74 dan rata-rata siswa kelas
kontrol yaitu 54,68. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata =0,05
diperoleh . Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep
matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a
Match lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga, dapat dikatakan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh
terhadap pemahaman konsep matematika siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 02:08 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 02:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4799 |