Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu

Satria, Dede and Amsyaruddin, Amsyaruddin and Marlina, Marlina (2018) Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2 (1). pp. 22-25. ISSN Print: 2598-5183 dan Online: 2598-2508

[thumbnail of MARLINA_27_Other_350_1_10_20180422.pdf] Text
MARLINA_27_Other_350_1_10_20180422.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas
yang kurang memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan tentang membuat kotak tisu dari koran
bekas, sehingga mengakibatkan anak tunarungu juga mengalami masalah dalam membuat kotak
tisu dari koran bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi,
dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran membuat kotak
tisu pada anak tunarungu kelas VIII dilakukan dengan pendekatan PAKEM. 2). Hasil keterampilan
membuat kotak tisu dari koran bekas meningkat melalui pendekatan PAKEM. Maka dapat
disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan melalui pendekatan PAKEM dapat
meningkatkan keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membuat Kotak Tisu, Pendekatan PAKEM, Anak Tunarungu
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:57
Last Modified: 26 Mar 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item
View Item