Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Realistic Mathematies Education (RME) pada Siswa Kelas V SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok

Ningsih, Wirda (2018) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Realistic Mathematies Education (RME) pada Siswa Kelas V SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_WIRDA_NINGSIH_16124123_4065_2018.pdf] Text
B1_01_WIRDA_NINGSIH_16124123_4065_2018.pdf

Download (726kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa kelas V SD Negeri 14 Ganting Dodok dengan Realistic
Mathematies Education (RME).
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Ganting Dodok
tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 7 siswa laki�laki dan 6 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan
Mc.Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I empat pertemuan
dan siklus II tiga pertemuan dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan,
dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes.
Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil
belajar matematika melalui Realistic Mathematies Education pada siswa kelas V
SD Negeri 14 Ganting Dodok Sulit Air. Peningkatan aktivitas pembelajaran
menggunakan RME dapat dilihat pada siklus I rata-rata aktivitas guru
dengan taraf 82% (Baik) pada siklus II Rata-rata aktivitas guru 91%
(Sangat Baik) terjadi peningkatan sebesar 9%. Untuk aktivitas siswa pada
siklus I rata-rata 70 % (Cukup) kemudian pada siklus II yaitu rata-rata
aktivitas siswa 90% (Sangat Baik) terjadi peningkatan 20%. Peningkatan hasil
belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I rata�rata nilai yang diperoleh 74,6 dengan ketuntasan 48% terjadi peningkatan pada
siklus II rata-rata nilai menjadi 85,4 dengan ketuntasan 85%. Dengan demikian,
penggunaan Pendekatan Realistic Mathematies Education dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: RME, AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:26
Last Modified: 26 Mar 2025 01:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item
View Item