Widiyanto, Widiyanto (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Centric Course Moodle Pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Peminatan Matematika Ilmu Alam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_WIDIYANTO_1209102_448_2017.pdf [thumbnail of B1_01_WIDIYANTO_1209102_448_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_WIDIYANTO_1209102_448_2017.pdf
Download (304kB)
Abstract
Materi Koloid merupakan kompetensi yang harus dikuasi peserta didik
kelas XI pada mata pelajaran kimia di Program Peminatan Matematika Ilmu Alam
(MIA). Peserta didik perlu mendapatkan pengalaman belajar secara langsung
berupa pengetahuan koloid dan keterampilan pembuatannya, hal ini dapat
difasilitasi melalui penggunaan modul pembelajaran blended learning berbasis
web centric course dengan menggunakan website moodle.Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan modul pembelajaran blended learning berbasis web
centric course moodle yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur
pengembangan menggunakan 4-D model (four models) yang terdiri dari tahap
define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis
kurikulum dan analisis peserta didik, pada tahap design dilakukan perancangan
modul pembelajaran blended learning berbasis web centric course moodle. Pada
tahap develop dilakukan validasi oleh ahli bahasa, ahli desain, ahli media, dan ahli
materi dan ujicoba terbatas pada SMAN 2 Pangkalan Kerinci kelas XI MIA.2,
untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas modul pembelajaran
blended learning berbasis web centric course moodle yang dikembangkan. Tahap
disseminate tidak dilakukan. Data yang diperoleh untuk menentukan validitas
modul pembelajaran blended learning berbasis web centric course moodle berasal
dari angket validasi. Data untuk menentukan praktikalitas diperoleh dari angket
praktikalitas dosen, guru, dan peserta didik. Data efektivitas diperoleh dari hasil
belajar peserta didik baik pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul pembelajaran blended
learning berbasis web centric course moodle pada materi koloid di kelas XI
peminatan matematika ilmu alam oleh ahli bahasa valid (77,65%) dengan kualitas
bahasa baik, ahli desain sangat valid (87,59%) dengan kualitas desain sangat baik,
ahli media sangat valid (88,00%) dengan kualitas media sangat baik, dan ahli
materi sangat valid (84,00%) dengan kualitas materi sangat baik. Praktikalitas
modul untuk dosen sangat praktis dengan rata-rata semua aspek 90,11%. Hasil
penelitian dengan mengimplementasikan modul dalam pembelajaran
menunjukkan keaktifan peserta didik 90,24% dan hasil belajar peserta didik rata�rata 93,24 dengan ketuntasan klasikal 100%. Dapat disimpulkan pembelajaran
modul blended learning berbasis web centric course moodle pada materi koloid
terbukti efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 01:26 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4787 |