Yati, Widia (2020) Pengembangan Bahan Ajar Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Turnamen Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_WIDIA_WATI_18124083_4176_2020 .pdf [thumbnail of B1_01_WIDIA_WATI_18124083_4176_2020 .pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_WIDIA_WATI_18124083_4176_2020 .pdf
Download (867kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar
tematik pada pembelajaran tema 4 (Berbagai Macam Pekerjaan).
Permasalahan pada bahan ajar ini adalah 1) Bahan ajar yang
digunakan tidak memiliki petunjuk kegiatan yang jelas, 2) Bahan
ajar yang digunakan kurang dapat mengajak siswa aktif secara
berkelompok dalam pembelajaran, 3) Kurangnya pemahaman dan
kreativitas guru dalam mengembangkan bahan ajar sesuai dengan
karakteristik siswa kelas IV serta perkembangan zaman. Turnamen
merupakan sebuah Model Cooperative Learning yang mudah di
terapkan pada proses pembelajaran dengan langkah-langkah Class
Presentation, Teams, Turnamen, Team Recognition.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
menggunakan model 4-D yang terdiri dari (1) Pendefinisian
(Define) yaitu melakukan analisis kurikulum, analisis kebutuhan,
analisis peserta didik, (2) Perancangan (Design) yaitu merancang
bahan ajar yang akan digunakan, (3) Pengembangan (Develop)
sambil melakukan uji validitas, praktikalitas dan efektivitas bahan
ajar, (4) Penyebaran (Dessiminate) yaitu melakukan penyebaran
bahan ajar yang telah dikembangkan pada Sekolah Dasar lain.
Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri
14 Belanti Barat dan penyebaran di SDN 13 Lolong.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah bahan ajar yang
dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan rata-rata mencapai
3,73. Hasil uji praktikalitas secara keseluruhan diperoleh
persentase kepraktisan sebesar 87,5% dengan kategori sangat
praktis. Selanjutnya bahan ajar peserta didik yang dikembangkan
oleh peneliti telah membantu proses pembelajaran. Hasil uji
efektifitas secara keseluruhan diperoleh persentase efektifitas
sebesar 87,68 dengan kategori sangat efektif. Demikianlah, bahan
ajar yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan berbasis
Model Cooperative Learning Tipe Turnamen di kelas IV Sekolah
Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan
efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR, MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TURNAMEN, HASIL BELAJAR. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 01:26 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4786 |