Kartikasari, Wenny Audina (2022) Hubungan Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_WENNY_AUDINA_KARTIKASARI_19151052_2960_2022.pdf [thumbnail of B1_01_WENNY_AUDINA_KARTIKASARI_19151052_2960_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_WENNY_AUDINA_KARTIKASARI_19151052_2960_2022.pdf
Download (458kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang
mengalami perilaku prokrastinasi akademik di Oku Timur, KotaPalembang.
self regulated learning dan dukungan sosial orangtua merupakan faktor yang
diduga mempengaruhi perilaku prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis: (1) self regulated learning, dukungan sosial orangtua, dan
perilaku prokrastinasi akademik, (2) hubungan regulated learning terhadap
perilaku prokrastinasi akademik, (3) hubungan dukungan sosial orangtua
terhadap perilaku prokrastinasi akademik, dan (4) hubungan self regulated
learning dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama terhadap perilaku
prokrastinasi akademik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi penelitian adalah 626 peserta didik, sampel berjumlah
244 orang peserta didik dan dipilih dengan teknik Proportional Stratified
Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data
dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) self regulated learning
peserta didik berada pada kategori tinggi, (2) dukungan sosial orangtua peserta
didik juga berada pada kategori tinggi, (3) perilaku prokrastinasi akademik
peserta didik berada dikategorikan tinggi (4) terdapat hubungan self regulated
learning secara signifikan terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi
akademik peserta didik, (5) terdapat hubungan dukungan sosial orangtua
secara signifikan terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi akademik
peserta didik dan (6) terdapat hubungan self regulated learning dan dukungan
sosial orangtua secara bersama-sama terhadap pengurangan perilaku
prokrastinasi akademik peserta didik. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan
sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling di
SMA Negeri 1 Buay Madang
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SELF REGULATED LEARNING, DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA, PROKRASTINASI AKADEMIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 01:26 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4785 |