Kontribusi Persepsi tentang Profesionalitas dan Efektivitas Pelatihan Fungsional terhadap Kinerja Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar di Sumatera Barat

Endri, Mas (2010) Kontribusi Persepsi tentang Profesionalitas dan Efektivitas Pelatihan Fungsional terhadap Kinerja Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar di Sumatera Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MAS_ENDRI_40926_5330_2012.pdf] Text
B1_1_MAS_ENDRI_40926_5330_2012.pdf

Download (114kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kecenderungan rendahnya Kinerja
Pamong Belajar SKB yang lebih diduga karena kurangnya dukungan
Profesionalitas dan Efektivitas Pelatihan Fungsional.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi Persepsi tentang
Profesionalitas dan Efektivitas Pelatihan Fungsional Pamong Belajar SKB
baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Kinerja
mereka.
Jenis penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kuantitatif dengan
teknik analisis korelasional yang dilanjutkan dengan menghitung kontribusi
variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi penelitian 140 orang
Pamong Belajar SKB di Sumatera Barat dengan sampel sebanyak 42
orang atau 30% yang ditarik dengan Teknik Proportional Random
Sampling. Data Kinerja, Persepsi tentang Profesionalitas dan Efektivitas
Pelatihan Fungsional Pamong Belajar dikumpulkan dengan angket.
Hasil pengujian hipotesis adalah: (1) Persepsi tentang
Profesionalitas berkontribusi terhadap Kinerja Pamong Belajar SKB di
Sumatera Barat; (2) Persepsi tentang Efektivitas Pelatihan Fungsional
berkontribusi terhadap Kinerja Pamong Belajar SKB di Sumatera Barat;
dan (3) Persepsi tentang Profesionalitas dan Efektivitas Pelatihan
Fungsional secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja Pamong
Belajar SKB di Sumatera Barat. Dengan demikian diperoleh temuan bahwa
untuk meningkatkan Kinerja Pamong Belajar SKB dapat dilakukan dengan
peningkatan Profesionalitas dan Efektivitas Pelatihan Fungsional, baik
secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
Temuan penelitian di atas berimplikasi pada perlunya dilakukan
upaya-upaya peningkatan: (1) Profesionalitas dengan cara memperbaiki
kemampuan teknis, manajerial, dan psikologis seperti etos kerja,
kedisiplinan, dan kejujuran; dan (2) Efektivitas Pelatihan Fungsional
dengan cara melakukan identifikasi kebutuhan, menggunakan metode yang
berpusat pada keaktifan peserta pelatihan, peningkatan produktivitas hasil
pelatihan secara kualitatif, mengikuti pelatihan dengan motivasi berprestasi,
pelaksanaan pelatihan sesuai jadwal, perbaikan kemampuan
teknis/administratif panitia, menyediakan tempat pelatihan yang kondusif,
anggaran yang mencukupi, dan mengadakan evaluasi program pelatihan,
baik terhadap hasil, proses maupun sumber daya manusianya

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:26
Last Modified: 26 Mar 2025 01:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item
View Item