Nurfalina, Martini (2012) Kontribusi Motivasi Kerja dan Pengawasan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP N Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MARTINI_NURFALINA_19680_5159_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MARTINI_NURFALINA_19680_5159_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MARTINI_NURFALINA_19680_5159_2012.pdf
Download (168kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi motivasi kerja dan
pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP N Kecamatan Lengayang
Kabupaten Pesisir Selatan. Ada tiga hipotesis yang diuji. Pertama, motivasi kerja
berkontribusi terhadap kinerja guru. Kedua, pengawasan kepala sekolah
berkontribusi terhadap kinerja guru. Ketiga, motivasi kerja dan pengawasan
kepala sekolah berkontribusi secara bersam-sama terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah semua guru pada tiga SMP N Kecamatan
Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 211 orang. Sampel
sebanyak 72 orang diambil dengan teknik Stratified Proportional Random
Sampling dengan mempertimbangkan strata tingkat pendidikan dan masa kerja.
Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket model skala
Likert, yang telah diperiksa kesahihan dan keterandalannya dengan koefisien
keandalan rtt = 0,192 untuk kinerja guru, rtt = 0,139 untuk motivasi kerja, rtt =
0,084 untuk pengawasan kepala sekolah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga hipotesis teruji secara
signifikan. Motivasi kerja berkontribusi sebanyak 13,9% terhadap kinerja guru,
pengawasan kepala sekolah berkontribusi 8,4% terhadap kinerja guru dan
motivasi kerja dan pengawasan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi
19,2% terhadap kinerja guru SMP N Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir
Selatan. Sementara itu tingkat ketercapaian variabel motivasi kerja dan
pengawasan kerja termasuk kategori cukup dan kinerja guru dalam kategori baik
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:50 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4776 |