Perbedaan Hasil Belajar Berdasarkan Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP

Martha, Taufik (2013) Perbedaan Hasil Belajar Berdasarkan Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_TAUFIK_MARTHA_00526_3593_2013.pdf] Text
B1_01_TAUFIK_MARTHA_00526_3593_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya lulusan Program Studi
Pendidikan Teknik Bangunan (PS-PTB) yang berupaya mencari pekerjaaan di
bidang teknik bangunan, hal ini disebabkan oleh terbatasnya peluang pekerjaan
dan ketatnya persaingan menjadi profesi guru. Hal ini berdampak pada cara
belajar mahasiswa PS-PTB yang berminat profesi guru dengan yang berminat di
bidang teknik bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan
hasil belajar Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MKPBM) dan Mata Kuliah
Bidang Studi (MKBS) berdasarkan minat profesi guru dengan minat di bidang
teknik bangunan PS-PTB Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.
Penelitian ini dengan jenis deskriptif komparatif dengan metode kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PS-PTB tahun masuk 2009-2010, yang
berjumlah 140 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara
Proportional Random Sampling, dan untuk menentukan ukuran sampel digunakan
rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner
dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah Analisis Deskriptif, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian ini pada tingkat keterpecayaan 95%, dari rata-rata hasil
belajar mahasiswa 73,09 < 74,13 dan hasil pengujian komparatif didapat thitung =
1,14 < ttabel = 1,985 yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Dalam artian tidak
terdapat perbedaan hasil belajar (MKPBM dan MKBS) terhadap mahasiswa yang
berminat profesi guru dengan yang berminat di bidang teknik bangunan PS-PTB,
FT-UNP. Bila ditinjau dari perbandingan hasil belajar MKPBM terlihat dari ratarata
hasil belajar mahasiswa Ax
1: 73,5572 < Bx
1: 73,7853, dari hasil Uji-t didapat
thitung = -1,14 < Ftabel 1,985, yang artinya H0 diterima. Tidak terdapat perbedaan
hasil belajar pada MKPBM terhadap minat mahasiswa. Tetapi beda halnya pada
perbandingan hasil belajar MKBS terlihat dari rata-rata hasil belajar mahasiswa
Bx
2: 74,4779 > Ax
2: 72,6189, dari hasil Uji-t didapat thitung = 2,02 > Ftabel 1,985,
yang artinya Ha diterima. Terdapat perbedaan hasil belajar MKBS terhadap minat
mahasiswa PS-PTB.
Tidak terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan minat profesi dengan
minat di bidang teknik bangunan mahasiswa PS-PTB, diduga mahasiswa yang
berminat di bidang teknik bangunan lebih unggul mengusai materi MKBS dan
mampu mengimbangi materi MKPBM. Hal ini disebabkan setiap mahasiswa
memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengembangkan dirinya kearah
penguasaan materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:41
Last Modified: 25 Mar 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item
View Item