Hidayatullah, Syarief (2012) Pengaruh Penggunaan Media Jobsheet terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Praktek Kerja Kayu SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SYARIEF_HIDAYATULLAH_65391_2483_2012.pdf [thumbnail of B1_01_SYARIEF_HIDAYATULLAH_65391_2483_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SYARIEF_HIDAYATULLAH_65391_2483_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Jobsheet tentang teori praktek terhadap hasil belajar siswa dalam mata diklat praktek kerja kayu siswa Jurusan Konstruksi Bangunan Kelas X SMK Negeri 1 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang melihat pengaruh subjek yang diberikan pelakuan. Penelitian mengambil dua kelas yaitu: kelas eksperimen yang diberikan perilakuan dengan menerapkan penggunaan media Jobsheet, sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran menggunakan media Jobsheet dalam mata pelajaran praktek kerja kayu siswa kelas X Jurusan Konstrusi Bangunan SMK Negeri 1 Padang terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji t yang dilakukan dengan membandingkan gain score kelas. Dimana thitung =3,72 sedang ttabel = 1,67, dari analisis data tersebut bahwa nilai thitung > ttabel. Ini berarti terdapat perbedaan gain score antara kedua kelas pada teraf kepercayaan 95%. Jadi ada kenaikan yang berarti. Jadi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Jobsheet memiliki rata-rata yang tinggi pada pelajaran praktek kerja kayu di SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGGUNAAN MEDIA JOBSHEET |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:40 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4772 |