Suhendra, Marta (2015) Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Regulasi Diri Siswa Membolos di MAN 2 Payakumbuh dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MARTA_SUHENDRA_1200030_573_2015.pdf [thumbnail of B1_1_MARTA_SUHENDRA_1200030_573_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MARTA_SUHENDRA_1200030_573_2015.pdf
Download (789kB)
Abstract
Regulasi diri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti motivasi
berprestasi. Bentuk ketidakmampuan siswa dalam mengatur diri dalam belajar
salah satunya adalah membolos. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
(1) regulasi diri siswa membolos, (2) motivasi berprestasi siswa membolos, (3)
gambaran kontribusi motivasi berprestasi terhadap regulasi diri siswa membolos,
(4) implikasi motivasi berprestasi dan regulasi diri siswa membolos terhadap
pelayanan bimbingan dan konseling.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI MAN
2 Payakumbuh sebanyak 183 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 35
orang menggunakan metode purposive sampling, dipilih dengan kriteria siswa
yang pernah membolos minimal 5 kali dalam satu semester. Data dikumpulkan
menggunakan angket dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi
linier sederhana.
Temuan penelitian: (1) tingkat capaian motivasi berprestasi siswa
membolos berada pada kategori tinggi, (2) tingkat capaian regulasi diri siswa
membolos berada dalam kategori tinggi, (3) terdapat kontribusi motivasi
berprestasi terhadap regulasi diri siswa membolos sebesar 34,6 % dengan tingkat
signifikansi 0,000. Implikasinya terhadap bimbingan dan konseling berupa
program pelayanan konseling untuk meningkatkan regulasi diri siswa membolos
melalui: (1) layanan informasi terkait pentingnya merasa senang terhadap guru
mata pelajaran dan materi yang disampaikan sehingga siswa tidak jenuh dalam
belajar, (2) layanan bimbingan dan kelompok dengan topik tugas tentang ruginya
membolos dan pentingnya belajar, (3) layanan penguasaan konten dengan materi
tips meningkatkan motivasi berprestasi dan regulasi diri. Program pelayanan ini
dilakukan untuk meningkatkan motivasi beprestasi dan regulasi diri siswa,
sehingga siswa mampu mengatur diri dan meraih prestasi dalam belajar
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:35 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4769 |