Marniati, Marniati (2013) Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah Negeri Andalan Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MARNIATI_59897_1499_2013.pdf [thumbnail of B1_1_MARNIATI_59897_1499_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MARNIATI_59897_1499_2013.pdf
Download (177kB)
Abstract
Guru sebagai tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam
kegiatan pembelajaran. Sejalan dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan,
maka peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran, khususnya kompetensi
pedagogik yang merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran
sebagai salah satu alternatif (yang diyakini dapat digunakan) untuk memecahkan
persoalan yang mendasar dari permasalahan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan kompetensi
pedagogik guru matematika dalam pembelajaran apakah sudah sesuai dengan
kriteria yang diharapkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Andalan Pekanbaru.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu peneliti
mengamati dan berinteraksi dengan guru, kepala madrasah, peserta didik dengan
wawancara dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Teknik analisa
data dengan mereduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Untuk
menjamin keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan,
triangulasi data serta memeriksa kesesuaian hasil dan kesimpulan. Informan
penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru mata pelajaran matematika dan peserta
didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Andalan Pekanbaru. Hasil penelitian
dipaparkan dalam bentuk narasi atau uraian, dengan teknik deskriptif, tabel,
gambar dan foto.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru
matematika Madrasah Tsanawiyah Negeri Pekanbaru yang terdiri dari : (1)
Perancangan program pembelajaran oleh guru matematika MTsNegeri Andalan
Pekanbaru dilakukan belum maksimal sebagai acuan dalam pelaksanaan
pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru Matematika sudah cukup
baik hanya perlu ditingkatkan seperti dalam penggunaan metode yang lebih
variatif dan lebih pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik bukan pada
guru, (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru
matematika MTsNegeri Andalan Pekanbaru sudah berjalan sesuai dengan kriteria
evaluasi KTSP madrasah, (4) Pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensinya oleh guru matematika MTsNegeri
Andalan Pekanbaru dilakukan dengan cara pelaksanaan remedial dan
mengikutsertakan peserta didik yang berpotensi dalam olimpiade matematika.
Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi
pedagogik yang dilaksanakan guru matematika sudah cukup baik dan sangat
disarankan adanya upaya peningkatan kualitas, baik dari guru, kepala madrasah
dan lembaga terkait.
ii
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 07:34 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4765 |