Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Disertai Mind Map terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Bukittinggi

Weni, Supri (2016) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have Disertai Mind Map terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SUPRI_WENI_1201243_4633_2016.pdf] Text
B1_01_SUPRI_WENI_1201243_4633_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan tujuan yang pertama dari pembelajaran matematika di sekolah. Kondisi di lapangan pemahaman konsep matematika peserta didik belum maksimal. Berdasarkan hasil belajar matematika di sekolah pada umumnya hanya beberapa peserta didik mendapatkan nilai diatas standar kelulusan belajar. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman terhadap konsep matematika. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik ialah strategi Question Student Have yang disertai Mind Map. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan strategi Question Student Have disertai Mind Map lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Bukittinggi tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang terpilih yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk essay.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil perhitungan pada tingkat signifikan 95% dengan P-value lebih kecil dari � (0,05). Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan diterapkannya pembelajaran Question Student Have disertai Mind Map lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:07
Last Modified: 25 Mar 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item
View Item