Andes, Rezy Mei Second (2012) Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Menggunakan Analisis Konjoin. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_REZY MEI SECOND ANDES_08030_2012.pdf [thumbnail of B1_2_REZY MEI SECOND ANDES_08030_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_REZY MEI SECOND ANDES_08030_2012.pdf
Download (957kB)
Abstract
Kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar, telah menjadi isu yangpenting, karena kesehatan merupakan salah satu syarat utama bagi pertumbuhanekonomi secara keseluruhan, dan tidak terpenuhinya kebutuhan kesehatan akandapat membawa dampak negatif bagi masyarakat terutama di era modern ini.Salah satu Puskesmas yang ada di Kota Padang adalah Puskesmas Lubuk Buaya.Dalam memberikan kepuasan kepada para pasien, perlu adanya riset yang mampumengukur preferensi atau tingkat kepuasan pasien Puskesmas Lubuk Buaya agardapat meningkatkan lagi pelayanan terhadap pasien yang datang ke PuskesmasLubuk Buaya, seperti apa yang lebih puas dirasakan oleh pasien olehpasien/pengunjung. Salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui tentangkepuasan pasien terhadap suatu produk atau jasa adalah dengan analisis Konjoin.Analisis Konjoin merupakan teknik multivariat yang digunakan untukmenentukan atau memahami bagaimana responden membentuk keputusan padasebuah produk atau pelayanan berdasarkan pada persyaratan sederhana yangdinilai melalui utilitas pasien tentang suatu produk yang dikombinasikan daribeberapa karakteristik atribut. Dimensi kualitas pelayanan yang akan dijadikanatribut dengan masing-masing levelnya adalah produk (obat-obatan dan alat-alatmedis), karyawan (cepat dan tepat, ramah dan menarik, berwawasan luas) danfasilitas pelengkap yang disediakan puskesmas (tempat parkir, ruang tunggu,pendingin ruangan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang memberikan kepuasanpelayanan terhadap pasien Puskesmas Lubuk Buaya adalah produk obat-obatanyang memadai sesuai kebutuhan, karyawan yang berwawasan luas, serta ruangtunggu yang memadai untuk kenyamanan pasien. Sehingga dapat disarankanmeningkatkan lagi pelayanan terhadap pasien yang datang
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEPUASAN MASYARAKAT, STATISTIK |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika-D3 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 06:46 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 06:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4732 |