Marliah, Marliah (2011) Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition dan Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Studi Quasi Eksperimen di SMKN 2 Tembilahan). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MARLIAH_51926_3147_2012.pdf [thumbnail of B1_1_MARLIAH_51926_3147_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MARLIAH_51926_3147_2012.pdf
Download (144kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) perbedaan hasil belajar
bahasa Indonesia antara siswa yang diajar dengan menggunakan model CIRC dengan
siswa yang diajar dengan model konvensional, (2) interaksi antara model
pembelajaran dengan keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil belajar
bahasa Indonesia, (3) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar
menggunakan model CIRC dengan keterampilan membaca pemahaman tinggi lebih
tinggi dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional dengan
keterampilan membaca pemahaman tinggi, (4) perbedaan hasil belajar bahasa
Indonesia siswa yang diajar menggunakan model CIRC dengan keterampilan
membaca pemahaman rendah lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang diajar
dengan model konvensional dengan keterampilan membaca pemahaman rendah.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMKN 2 Tembilahan.
Teknik yang digunakan untuk mendapatkan sampel penelitian adalah Purposive
random sampling. Setelah dilakukan pengundian, peneliti mendapatkan kelas X Gbr1
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AV1 sebagai kelas kontrol. Penelitian
ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2, dan
diselenggarakan pada semester I (satu) tahun pelajaran 2009/2010. Data
dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan menggunakan uji T dan
anava.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC lebih tinggi dari
hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional. Berdasarkan hasil
analisis data terlihat bahwa tidak terdapat interaksi antara penggunaan model
pembelajaran CIRC dengan keterampilan membaca pemahaman terhadap hasil
belajar bahasa Indonesia siswa. Peningkatan hasil belajar yang signifikan pada
kelompok siswa yang memiliki keterampilan membaca pemahaman tinggi dan
keterampilan membaca pemahaman rendah pada masing-masing kelas untuk
pelajaran bahasa Indonesia di SMKN 2 Tembilahan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 06:46 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 06:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4725 |