Penggunaan Model STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang pada Anak Tunagrahita Sedang (Classroom Action Research di Kelas IV SLB Workshop Padang)

Sasmidayanti, Sasmidayanti (2017) Penggunaan Model STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang pada Anak Tunagrahita Sedang (Classroom Action Research di Kelas IV SLB Workshop Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_SASMIDAYANTI_14003065_3491_2017.pdf] Text
B1_02_SASMIDAYANTI_14003065_3491_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan adanya siswa tunagrahita sedang kelas IV yang mengalami hambatan dalam mengenal nilai mata uang dari Rp. 1.000, Rp. 2.000, sampai Rp. 5.000. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal nilai mata uang pada anak tunagrahita sedang di kelas IV SLB workshop Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian yaitu dua orang anak tunagrahita sedang dan guru kelas IV/C1. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Siklus I yang dilaksanakan tujuh kali pertemuan dalam proses pembelajaran dimulai dengan mendengarkan penjelasan guru tentang mengenal nilai mata uang, dari menyebutkan nilai mata uang, membedakan nilai mata uang, dan mengurutkan nilai mata uang dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa diakhir siklus I dapat dilihat bahwa siswa RF sebelum diberi tindakan mendapatkan nilai 20% dan setelah diberi tindakan mendapatkan nilai 50%. Siswa AN sebelum diberi tindakan 20% dan setelah diberi tindakan mendapatkan nilai 40%. Sedangkan pada siklus II dilakukan empat kali proses pembelajaran mengenal nilai mata uang menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) dimulai dengan mendengarkan penjelasan guru, menyebutkan, menunjukkan, membedakan dan mengurutkan nilai mata uang. Siklus II ini siswa RF mendapatkan nilai 90% meningkat dari hasil kemampuan awal yaitu 20% dan siswa AN mendapatkan nilai 80% meningkat dari kemampuan awal 20%. Dari hasil penyajian dan analisis data dapat dibuktikan bahwa model STAD (Student Team Achievement Division) efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai mata uang bagi siswa tunagrahita sedang kelas IV/C1. Dengan demikian, dapat disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) dalam meningkatkan kemampuan mengenal nilai mata uang bagi anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL STAD, ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 06:19
Last Modified: 25 Mar 2025 06:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item
View Item