Pengembangan Model Bahan Ajar Reading Comprehension Berbasis Islamic Educational Studies (IES) dalam Matakuliah Bahasa Inggris II untuk Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu

Rizal, Syamsul (2017) Pengembangan Model Bahan Ajar Reading Comprehension Berbasis Islamic Educational Studies (IES) dalam Matakuliah Bahasa Inggris II untuk Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_SYAMSUL_RIZAL_51800_3008_2018.pdf] Text
B1_7_08_SYAMSUL_RIZAL_51800_3008_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman
membaca teks bahasa Inggris pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam
(PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu. Salah satu fakor penyebab
permasalahan tersebut adalah masih belum efektifnya kualitas bahan ajar bahasa
Inggris yang selama ini digunakan. Permasalahan ini perlu dicari solusinya.
Oleh karena itu, tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan
bahan ajar bahasa Inggris dengan penekanan pada reading comprehension
berbasis Islamic Educational Studies (IES) yang sesuai dengan kharakteristik
mahasiswa semester III Program Study Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu. Prosedur pengembangan mengadaptasi
model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Tahapan pengembangan
model bahan ajar reading comprhnsion berbasis IES ini meliputi beberapa tahap
yaitu: studi pendahuluan, studi pengembangan, mendesain prototype (desain
produk awal), validasi ahli materi, media, dan dosen bahasa Inggris, revisi
prototype yang telah dikembangkan berdasarkan saran dari validator, dan uji coba
produk (uji efektifitas bahan ajar yang telah dikembangkan dengan menggunakan
quasi eksperimental research method. Subjek uji coba produk ini adalah
mahasiswa semester III program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas
Tarbiyah IAIN Bngkulu yang terdiri dari 60 mahasiswa dan dikelompokkan pada
kelas eksperiman sejumlah 30 mahasiswa dan 30 mahasiswa lainnya pada
kelompok kontrol. Pengmpulan data dilakukan dengan menggunakan angket
penilaian, angket respon mahasiswa, dan hasil pretest postest.
Bahan ajar reading comprehension berbasis IES yang telah dikembangkan ini
menurut ahli materi dan ahli media tergolong baik dengan presentase keidealan
masing-masing 76% dan 73,3%. Adapun menurut penilaian dosen bahasa Inggris
juga tergolong dalam kategori baik dengan perentase 77,5%. Respon mahasiswa
terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan dari aspek penilaian materi,
penyajian dan bahasa rata-rata tergolong dalam kategori positif (baik). Analisis
statistik Uji Independent Sample pada skor posttest kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol diperoleh nilai t 3,075 lebih besar dari t-tabel 1,671 dan sig.(2-
tailed) 0,003 lebih kecil α ρ-value (0,005), hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan pemahaman membaca teks bahasa Inggris yang yang signifikan antara
mahasiswa kelompok eksperimn dengan mahasiswa kelompok kontrol. Perbedaan
ini juga menunjukkan bahwa model bahan ajar reading komprehension berbasis
IES yang telah dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan pemahaman
membaca teks bahasa Inggris mahasiswa semester III Program Studi PAI
Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Bahan Ajar Islamic Educational Studies Reading Comprehension
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:28
Last Modified: 25 Mar 2025 05:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item
View Item