Maretna, Nesa (2017) Meningkatkan Keterampilan Membuat Keset Kaki PomPom Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas X di SLB Lentera Bunda Solok). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_NESA_MARETNA_1304644_3609_2017.pdf [thumbnail of B1_02_NESA_MARETNA_1304644_3609_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_NESA_MARETNA_1304644_3609_2017.pdf
Download (969kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Lentera Bunda Solok. Dari empat orang siswa ditemukan dua orang siswa tunagrahita ringan mengalami masalah dalam membuat keterampilan keset kaki pom-pom. Dalam pembelajaran guru kurang
menggunakan metode yang bervariasi dan pembelajaran dilaksanakan individu. Dengan kemampuan siswa yang berbeda-beda mengakibatkan ada siswa yang tertinggal dan mengalami kesulitan membuat keset kaki pom-pom. Untuk
mengatasi hal tersebut, peneliti betujuan meningkatkan keterampilan siswa membuat keset kaki pom-pom melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran
kooperatif tipe STAD dalam membuat keset kaki pom-pom bagi anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Lentera Bunda Solok, 2) Untuk membuktikan bahwa pembelajran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembuatan keset kaki pom-pom bagi anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Lentera Bunda Solok.
Jenis penelitian yang digunakan adalah classroom action research yang dilakukan dalam bentuk kolabolarasi dengan guru kelas. Peneliti sebagai pengamat, sedangkan guru sebagai pelaksana. Kegiatan penelitian dilakukan
sebanyak dua siklus. Siklus pertama enam kali dan siklus kedua dilakukan juga sebanyak enam kali pertemuan.
Hasil pengamatan yang dianalisis terhadap kemampuan awal siswa yaitu dengan rata-rata MJ 33%, WA 67%, RA 42%, dan DA 75%. Setelah dilaksanakan siklus I dengan rata-rata MJ 67%, WA 83%, RA 75%, dan DA 83%. Siklus II
mengalami peningkatan dengan presentase MJ 83%, WA 92%, RA 83%, dan DA 100%. Hasil observasi guru juga mengalami peningkatan pada siklus satu dan juga siklus dua, pada siklus satu kemampuan guru, 81%, 86%, 81%, 86%, 90%,
95% dan pada siklus dua 86%, 86%, 90%, 95%, 100%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan membuat keset kaki pom-pom bagi anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Lentera Bunda Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:21 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4709 |