Lestari, Nera (2022) Efektivitas Metode Phonic Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_Nera_Lestari_18003103_5294_2022.pdf [thumbnail of B1_02_Nera_Lestari_18003103_5294_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_Nera_Lestari_18003103_5294_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SDN 17 Jawa Gadut, seorang anak kesulitan belajar membaca kelas IV belum mampu membaca permulaan terutama kata berpola KV-KVK. Berdasarkan tersebut
peneliti memberikan motivasi berupa metode phonic untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. berdasarkan hasil penelitian pada baseline A1 yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan anak belum mampu
membaca kata berpola KV-KVK dengan benar. Pada kondisi intervensi B yang diamati dalam delapan kali pertemuan terlihat kemampuan anak meningkat anak mampu dalam membaca kata berpola KV-KVK dengan benar. Sedangkan kondisi
baseline A2 yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan terlihat kemampuan anak meningkat setelah diberikannya intervensi menggunakan metode phonic. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode phonic efektif dalam
meningkatkan kemampuan membaca kata berpola KV-KVK pada anak kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:21 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4707 |