Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016

Sri, Ramadhani (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SRI_RAMADHANI_1101239_1460_2016.pdf] Text
B1_01_SRI_RAMADHANI_1101239_1460_2016.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika sangat penting bagi siswa, bahkan dapat dikatakan sebagai dasar dalam mempelajari matematika. Setelah siswa memiliki pemahaman konsep yang baik, barulah siswa dapat dikatakan memiliki bekal untuk menerapkan suatu materi pada pembelajaran matematika. Kenyataanya, pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMPN 12 Padang masih rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat pada hasil ujian tengah semester ganjil 2015/206 dan hasil ulangan harian pada materi operasi aljabar. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI akan menuntut siswa secara optimal dalam memahami konsep dan memperoleh pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 12 Padang.
Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,003 pada α = 0,05 karena P-value < α maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada siswa yang dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:20
Last Modified: 25 Mar 2025 05:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item
View Item