Sri, Mardiana (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments pada Pembelajaran Matematika di Kelas XI IIS 1 SMAN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SRI_MARDIANA_1201218_6005_2016.pdf [thumbnail of B1_01_SRI_MARDIANA_1201218_6005_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SRI_MARDIANA_1201218_6005_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran matematika mempunyai tujuan yang harus dicapai, salah satunya yaitu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas XI IIS 1 SMAN 1 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2015/2016 masih belum tercapai secara optimal. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IIS 1 SMAN 1 Bukittinggi yang berjumlah 35 orang. Data tentang perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dari latihan pada LKS dan games serta tes kemampuan komunikasi matematis. Data tersebut di analisis menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil dari analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament sudah berkembang dengan baik namun belum pada semua indikator. Dari tiga indikator yang diperhatikan pada penelitian, kemampuan siswa menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan gambar dapat berkembang dengan baik. Sedangkan kemampuan siswa memberikan alasan dan bukti terhadap kebebasan solusi masih belum optimal karena soal yang diberikan kurang dipahami siswa. Kemudian, kemampuan siswa menarik kesimpulan dari pernyataan juga dapat berkembang dengan baik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:20 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4703 |