Kesejahteraan Subjektif dan Motivasi BelajarSiswa Dilihat dari Status Sosial Ekonomi Orangtua serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Syari, Vonny Prima (2017) Kesejahteraan Subjektif dan Motivasi BelajarSiswa Dilihat dari Status Sosial Ekonomi Orangtua serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_VONNY_PRIMA_SYARI_1303726_131_2017.pdf] Text
B1_01_VONNY_PRIMA_SYARI_1303726_131_2017.pdf

Download (515kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kesejahteraan subjektif dan
motivasi belajar siswa dilihat dari status sosial ekonomi orangtua. Tujuan dari
penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kesejahteraan subjektif, (2)
mendeskripsikan motivasi belajar siswa, (3) menguji perbedaan kesejahteraan
subjektif dilihat dari status sosial ekonomi orangtua, dan (4) menguji perbedaan
perbedaan motivasi belajar siswa dilihat dari status sosial ekonomi orangtua.
Metode penelitian adalah deskriptif komparatif. Populasi penelitian 377
siswa SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2015-
2016. Sampel sebanyak 194 orang yang dipilih dengan teknik stratified random
sampling dan dikombinasikan dengan teknik proportional random sampling.
Instrumen yang digunakan adalah kesejahteraan subjektif dan motivasi belajar
dengan model skala Likert. Uji validitas dengan menggunakan Product Moment
Correlation dan uji reliabilitas dengan menggunakan Alfa Cronbach. Data
dianalisis dengan statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance
(MANOVA).
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesejahteraan subjektif siswa
tergolong sedang, (2) motivasi belajar siswa tergolong tinggi, (3) tidak terdapat
perbedaan kesejahteraan subjektif siswa dilihat dari status sosial ekonomi
orangtua, (4) tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dilihat dari status
sosial ekonomi orangtua. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling,
terutama dalam bidang bimbingan pribadi dan belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF, MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:03
Last Modified: 25 Mar 2025 05:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item
View Item