Donna, Vebriella Chintia (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Membaca Cepat Berbasis Teknik Skimming di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_VEBRIELLA_CHINTIA_DONNA_15170029_912_2017.pdf [thumbnail of B1_01_VEBRIELLA_CHINTIA_DONNA_15170029_912_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_VEBRIELLA_CHINTIA_DONNA_15170029_912_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kesiapan modul pembelajaran membaca cepat merupakan salah satu cara untuk
meningkatkan keterampilan membaca cepat peserta didik. Sementara itu, bahan
ajar yang digunakan selama ini belum mampu mengarahkan peserta didik untuk
melaksanakan kegiatan membaca cepat dengan teknik yang benar, dilihat pada
saat proses membaca peserta didik masih terbiasa menunjuk saat membaca teks
bacaan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan solusi berupa pengembangan
bahan ajar berupa modul pembelajaran membaca cepat berbasis teknik skimmingi
di kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan. Penelitian
pengembangan bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran membaca
cepat berbasis teknik skimming di kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif.
Pengembangan modul membaca cepat menggunakan model ADDIE. Tahap
pertama yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Data
validitas modul pembelajaran diperoleh dari lembar validasi RPP dan lembar
validasi modul pembelajaran. Data kepraktisan diperoleh dari lembar
keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan angket respon siswa. Sedangkan
keefektifan dilihat dari aktivitas peserta didik dan lembar penilaian proses
keterampilan membaca cepat, dan penilaian hasil keterampilan membaca cepat.
Berdasarkan uji validitas diperoleh tingkat validitas modul memiliki kategori
sangat valid. Hal ini berarti modul yang dikembangkan telah sesuai dengan
tuntutan kurikulum, jenis membaca, teknik membaca, dan sesuai dengan tahapan
membaca yaitu prabaca, saat baca, dan pascabaca. Berdasarkan hasil ujicoba
diketahui bahwa tingkat praktikalitas berada pada kategori sangat praktis. Hal ini
dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru, dan respon peserta didik.
Selanjutnya dari aktivitas peserta didik, penilaian proses membaca cepat, dan
penilaian hasil membaca cepat, modul yang dikembangkan dapat dikatakan sudah
efektif dalam penggunaannya dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal
tersebut, dapat disimpulkan modul membaca cepat berbasis teknik skimming di
kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan
efektif karena modul sudah sesuai dengan tahapan membaca yaitu prabaca, saat
baca, dan pascabaca. Kemudian peserta didik sudah mampu mengikuti
pembelajaran menggunakan tahapan membaca dan teknik membaca yang benar
sehingga berdampak positif terhadap hasil membaca cepat peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL PEMBELAJARAN, MEMBACA CEPAT, TEKNIK SKIMMING, MODEL ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:02 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4698 |