Pengembangan Model Pengukuran Minat Siswa SMK Berbasis Sistem Pakar

Novita, Rice (2018) Pengembangan Model Pengukuran Minat Siswa SMK Berbasis Sistem Pakar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_RICE_NOVITA_14193035_6739_2018.pdf] Text
B1_7_08_RICE_NOVITA_14193035_6739_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan vokasi bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi
anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli professional dalam
menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan keahlian. Pada saat
sekarang ini banyak siswa yang kebingungan terhadap pemilihan jurusan yang
akan diambil setelah tamat Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Banyak yang
mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan minat, ini karenakan atas dorongan
orang tua, ikut ikutan teman dan jurusan pavorit pada saat pengambilan keputusan
pemilihan jurusan serta kurangnya konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling
dan Guru Kelas. Sehingga banyak siswa yang putus ditengah jalan tidak
menyelesaikan perkuliahan. Serta tidak meningkatnya jenjang karir siswa serta
banyaknya pengangguran. Penggunaan sistem pengukuran minat dan jenjang karir
siswa mengembangkan model tes minat dengan menghasilkan empat tipe
kepribadian Tangible, Thinking, Flexible dan Enterprener yang diintegrasikan
dengan sistem pakar dan Knowledge Management System.
Metodelogi penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R and D) dengan prosedur Pengembangan perangkat lunak Waterfall. Data
kualitatif dikumpulkan melalui observasi, diskusi dan wawancara, sedangkan data
kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner. Keduanya, alat pengumpul data
divalidasi oleh tenaga ahli yang pada Focus Group Discussion (FGD). Penelitian
dan Pengembangan ini dilakukan pada Sejumlah siswa SMK Taruna Pekanbaru.
Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan hasil kebutuhan terhadap
pengembangan model ini sebesar 83.93%. Penelitian ini menghasilkan model
pengukuran minat siswa berbasis sistem pakar dan produk yang terdiri dari: (1)
buku model; (2) buku panduan penggunaan aplikasi; (3) aplikasi minat bakat.
Analisis data hasil penelitian menunjukkan Model prediksi minat dan jenjang
karir dinyatakan valid (0.85) dan sangat praktis (90.10), buku model valid (0.89)
dan praktis (86.11), buku panduan penggunaan aplikasi valid (0.89) dan praktis
(88.80), aplikasi tes minat ini dinyatakan valid (0.89) dan praktis (86.98). Pada uji
efektivitas dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat
disimpulkan bahwa model yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk
digunakan

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Minat Siswa Sistem Pakar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:02
Last Modified: 25 Mar 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4694

Actions (login required)

View Item
View Item