Alfitriati, Alfitriati (2021) Pengembangan Model Desain Pembelajaran Berbasis Daring Pendidikan Kesetaraan Paket B pada Mata Pelajaran Matematika Setara Kelas VIII SMP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ALFITRIATI_19155004_5218_2021.pdf [thumbnail of B1_1_ALFITRIATI_19155004_5218_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ALFITRIATI_19155004_5218_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penyelenggaraan
program pendidikan
kesetaraan
yang
umum
dilaksanakan oleh para penyelenggara pendidikan non-formal selama ini
cenderung muncul berbagai masalah. Permasalahan yang dihadapi oleh lembaga
penyelenggara pendidikan disesuaikan dengan kondisi di lapangan, dengan
adanya keterbatasan waktu pertemuan pembelajaran di kelas, keterbatasan sarana
belajar, ditambah lagi pada masa covid 19. Peserta didik yang mengikuti Paket
B disamping usia sekolah ada usia dewasa merupakan pekerja yang harus
membagi waktu untuk bekerja dan belajar. Keadaan yang ada mengakibatkan
intensitas belajar secara tatap muka menjadi kurang maksimal, disebabkam
motivasi belajar menjadi menurun karena kelelahan, mengantuk, dan tidak
adanya waktu untuk mempelajari materi dirumah. Maka pembelajaran daring
kombinasi bertujuan
memberikan kemudahan dalam
belajar
dengan
mengkombinasi pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis web
yang dapat diakses oleh peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik desain
pembelajaran matematika berbasis daring pendidikan kesetaraan paket B yang
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode
pengembangan model Dick and Carey yang bertujuan untuk mengembangkan
design pembelajaran RME berbasis daring. Subjek peneliatan berjumlah 24
orang peserta didik dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar instrumen pengumpulan data, wawancara beserta angket. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kevalidan RPP keseluruhan aspek adalah
87,24% dengan katagori sangan valid, sedangkan tingkat kepraktisan desain
pembelajaran daring berbasis RME rata-rata praktikalitas keseluruhan aspek
adalah 90,34% dengan katagori sangat praktis serta efektifitas desain
pembelajaran daring rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta adalah 79,65%, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran daring
berbasis RME yang dikembangkan telah efektif karena dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:02 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4692 |