Andra, Mardiati (2013) Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MARDIATI ANDRA 19679_1575_2013.pdf [thumbnail of B1_1_MARDIATI ANDRA 19679_1575_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MARDIATI ANDRA 19679_1575_2013.pdf
Download (237kB)
Abstract
Kinerja guru merupakan aspek terpenting dalam mencapai tujuan
pembelajaran. Berdasarkan pra survey yang dilakukan di SMP Negeri Kecamatan
Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan tergambar bahwa Kinerja guru masih
kurang baik. Ini terlihat dari masih adanya guru yang tidak membuat rencana
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi/bimbingan,
serta manajemen kelas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
apakah Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja berkontribusi terhadap Kinerja
guru SMP Negeri Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini adalah; 1) Kecerdasan Emosional berkontribusi
terhadap Kinerja guru, 2) Disiplin Kerja berkontribusi terhadap Kinerja guru, 3)
Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja secara bersama-sama berkontribusi
terhadap Kinerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kecamatan
Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah sebanyak 179 orang.
Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional
Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 41 orang. Data dikumpulkan
dengan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan
teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) Kecerdasan Emosional
berkontribusi sebesar 24,5% terhadap Kinerja guru, 2) Disiplin Kerja
berkontribusi terhadap Kinerja guru sebesar 11,7%, dan 3) Kecerdasan Emosional
dan Disiplin Kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap Kinerja guru
sebesar 32,0%. Selanjutnya analisis deskriptif mengungkapkan bahwa Kinerja
guru, dan Kecerdasan Emosional serta Disiplin Kerja sama-sama berada pada
kategori baik.
Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan Kinerja guru
SMP Negeri Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan dapat dilakukan
melalui peningkatan Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:01 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4690 |