Pengaruh Penggunaan Metode Jigsaw dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bagi Siswa Kelas VI SDN di Gugus II Kecamatan Nanggalo Padang

Kalsum, Ummi (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Jigsaw dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bagi Siswa Kelas VI SDN di Gugus II Kecamatan Nanggalo Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_UMMI_KALSUM_15124065_1021_2017.pdf] Text
B1_01_UMMI_KALSUM_15124065_1021_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang terjadi di Kelas VI SDN di Gugus
II Kecamatan Nanggalo Padang yaitu rendahnya minat baca dan keterampilan
membaca pemahaman. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan analisis terhadap
hasil MIDsiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh metode
jigsawdan minat baca terhadap keterampilan membaca pemahamanBagi Siswa
Kelas VI SDN di Gugus II Kecamatan Nanggalo Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan
rancanganfactorial design 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN
yang berada di gugus II Kecamatan Nanggalo Padangdengan sampel sekolah SDN
08 Surau Gadang sebagai sekolah kontrol dan SDN 20 Kurao Pagang sebagai
sekolah eksperimen.Pengambilan sampel dilakukan secara random. Data
penelitian dikumpulkan melalui lembar tes keterampilan membaca pemahaman
dan angket minat baca siswa. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan
uji-t dan anava dua arah
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) keterampilan membaca
pemahaman bagi siswa yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi dari hasil
tes keterampilan membaca pemahaman bagi siswa yang diajar dengan metode
konvensional, (2) keterampilan membaca pemahaman bagi siswa dengan minat
baca tinggi yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan
siswa yang memiliki minat baca yang tinggi yang diajar dengan metode
konvensional,(3) keterampilan membaca pemahaman bagi siswa dengan minat
baca rendah yang diajar dengan metode jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan
siswa yang memiliki minat baca yang rendah yang diajar dengan metode
konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara metode jigsaw dan minat baca
terhadap keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas VI SDN di Gugus
II Kecamatan Nanggalo Padang

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:01
Last Modified: 25 Mar 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4689

Actions (login required)

View Item
View Item