Pengembangan Model Pembelajaran Integrasi Pendekatan Saintifik, Inkuiri dan Animasi (IPSIA) dalam Pembelajaran Kimia

Siregar, Rabiyatul Adawiyah (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Integrasi Pendekatan Saintifik, Inkuiri dan Animasi (IPSIA) dalam Pembelajaran Kimia. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_RABIYATUL_ADAWIYAH_SIREGAR_1304386_5496_2018.pdf] Text
B1_7_08_RABIYATUL_ADAWIYAH_SIREGAR_1304386_5496_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum mengoptimalkan peran aktif
siswa dalam pembelajaran kimia dan siswa masih kesulitan memahami materi
kimia yang bersifat makroskopis, mikroskopis dan simbolik. Hal itu menjadi
masalah bagi siswa dan diasumsikan menjadi penyebab tidak tercapainya
kompetensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model
pembelajaran inkuiri berbantuan animasi yang valid, praktis dan efektif untuk
meningkatan capaian pembelajaran kimia siswa.Desain penelitianini
adalahpenelitiandanpengembangan (Research and Development) dengan
menggunakan model ADDIE yaitu: 1) menganalisis (analysis) meliputi:
Kurikulum, karakteristik peserta didik SMA dan proses pembelajaran kimia; 2)
mendesain (design) model pembelajaran Integrasi Pendekatan Saintifik, Inkuiri
dan Animasi (IPSIA) dalam pembelajaran kimia dan menguji validitas dengan
pakar ahli; 3) mengembangkan (development) model pembelajaran IPSIA dan
menguji praktikalitasnya kepada guru kimia dan siswa kelas XI di SMA Negeri 7
Kota Padangsidimpuan; 4) mengujicobakan model (implementation) dalam
pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Kota Padangsidimpuan dan di SMA
Negeri 5 Padangsidimpuan dengan menggunakan masing-masing dua kelas yang
dipilih secara acak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Hasil temuan
penelitian diperoleh data uji validitas pengembangan model pembelajaran IPSIA
dikumpulkan melalui kegiatan validasi dengan pakar ahli dengan instrumen
angket. Data praktikalitas dikumpulkan melalui pengisian angket oleh guru kimia
dan siswa kelas XI yang mengikuti pembelajaran kimia. Data efektivitas pada
ranah kognitif dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan berganda, ranah
psikomotorik dalam bentuk penilaian unjuk kerja dan ranah afektif dalam bentuk
angket. Untuk menjamin keabsahan produk dengan memvalidasi instrumen
tersebut kepada pakar. Hasil penelitian menunjukkan validitas model
pembelajaran IPSIA ditinjau dari sintak, prinsip reaksi, sistem sosial, sistem
pendukung (buku model, buku guru dan buku siswa) kategori sangat valid serta
dampak instruksional dan pengiring kategori valid. Secara keseluruhan model
pembelajaran IPSIA menurut ahli layak digunakan. Hasil penilaian kepraktisan
model pembelajaran IPSIA diperoleh sangat praktis yakni model mudah
digunakan. Hasil penelitian efektivitas diperoleh mampu meningkatkan
kompetensi siswa pada ranah kognitif, psikomotorik dan afektif pada
pembelajaran kimia. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan model
pembelajaran bahwa pengembangan model pembelajaran Integrasi Pendekatan
Saintifik, Inkuiri dan Animasi (IPSIA) dalam pembelajaran kimia yang diperoleh
adalah valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Integrasi Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:01
Last Modified: 25 Mar 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4688

Actions (login required)

View Item
View Item