Pengaruh Strategi Graphic Organizer What Happened dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas V Gugus I Kecamatan Padang Utara

Triyana, Triyana (2017) Pengaruh Strategi Graphic Organizer What Happened dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas V Gugus I Kecamatan Padang Utara. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_TRIYANA_YETRA_15124064_1228_2017.pdf] Text
B1_01_TRIYANA_YETRA_15124064_1228_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa mengalami kesulitan dalam menulis
narasi. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis
narasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan strategi Graphic Organize
What Happened. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi
tentang pengaruh strategi Graphic Organize What Happened dan motivasi belajar
terhadap keterampilan menulis narasi peserta didik kelas V Gugus I Kecamatan
Padang Utara.
Jenis penelitian ini adalah Quasy Ekperimen. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas V Gugus I Kecamatan Padang Utara. Teknik yang
digunakan untuk pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Sampel
pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 01 UKS sebagai kelas
eksperimen dan peserta didik kelas V SDN 07 UKS sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan adalah angket untuk melihat motivasi belajar peserta
didik dan tes akhir yang berupa unjuk kerja menulis untuk melihat keterampilan
menulis narasi peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama,
keterampilan menulis narasi peserta didik yang mengikuti pembelajaran
menggunakan strategi Graphic Organize What Happened lebih baik daripada
peserta didik yang menggunakan strategi konvensional. Kedua, Keterampilan
menulis narasi peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan
menggunakan strategi Graphic Organize What Happened lebih baik daripada
yang menggunakan strategi konvensional. Ketiga, Keterampilan menulis narasi
peserta didik yang memiliki motivasi elajar rendah yang diajarkan menggunakan
strategi Graphic Organize What Happened lebih baik daripada yang
menggunakan stategi konvensional. Dan Keempat, Tidak terdapat interaksi antara
strategi Graphic Organize What Happened dengan motivasi belajar yang
mempengaruhi keterampilan menulis narasi peserta didik

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:40
Last Modified: 25 Mar 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item
View Item