Sofia, Tim (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Integrated Learning Pada Tema 6 Indahnya Negeriku di Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_TIM_SOFIA_15170028_15170028_5417_2017.pdf [thumbnail of B1_01_TIM_SOFIA_15170028_15170028_5417_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_TIM_SOFIA_15170028_15170028_5417_2017.pdf
Download (570kB)
Abstract
Standar isi dan standar proses Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran
lebih terpadu . Oleh karena itu guru berperan penting dalam mengembangkan
perangkat pembelajaran yang merupakan sarana dalam membantu proses
pembelajaran efektif untuk mengarahkan dan membimbing siswa memahami
pelajaran Tema 6 Indahnya Negeriku secara utuh dan tanpa pemisahan
matapelajaran. Akan tetapi, beberapa guru kurang mampu mengembangkan
perangkat pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan sehingga siswa sulit
memahami pelajaran secara kesatuan yang utuh. Mengatasi hal itu, perlu diberi
solusi berupa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan
Integrated Learning pada Tema 6 Indahnya Negeriku.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan
menggunakan model Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran
(disseminate). Rancangan yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 3 orang
ahli dan 2 orang praktisi pendidikan kemudian diuji coba secara terbatas di kelas
IV SDN 13 Muaro Tantang untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas
perangkat yang dikembangkan. Tahap penyebaran dilakukan pada skala terbatas.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh
tingkat validitas perangkat pembelajaran masuk pada kategori sangat valid.
Kemudian, dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon guru, respon siswa, observasi
penggunaan bahan ajar dan LKS diketahui tingkat praktikalitas masuk pada
kategori sangat praktis. Selanjutnya, dari hasil aktivitas siswa, penilaian
Kompetensi yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Integrated
Learning pada Tema 6 Indahnya Negeriku yang dikembangkan telah valid,
praktis, dan efektif yang digunakan di Kelas IV SD. Kevalidan, praktikalitas,
dan efektivitas perangkat pembelajaran dikarenakan telah sesuai dengan
komponen permendiknas 2007
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERANGKAT PEMBELAJARAN, BERBASIS PENDEKATAN INTEGRATED LEARNING, TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU, MODEL 4-D |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:37 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4678 |