Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Statistika untuk Kelas VII SMPN 4 Pariaman

Anrisa, Siti (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Statistika untuk Kelas VII SMPN 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SITI_ANRISA_96792_4655_2013.pdf] Text
B1_01_SITI_ANRISA_96792_4655_2013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia terus berupaya melakukan berbagai perbaikan dalam bidang pendidikan. Perbaikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk perbaikan yang telah dan tengah dilakukan adalah diterapkannya Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mengama-natkan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran namun bahan ajar yang menunjang pelaksanaan pendekatan saintifik masih minim. Maka dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Perangkat pembelajaran tersebut memuat langkah-langkah pendekatan saintifik.
Model Pengembangan yang digunakan adalah model McKenney. Model tersebut tediri dari tahap preliminary, prototyping dan assesment. Tahap preliminary meliputi analisis siswa, analisis struktur isi dan analisis konsep. Prototyping terdiri dari Prototype 1, Prototype 2 dan Prototype 3. Prototype 1 terdiri dari self evaluation (evaluasi sendiri-sendiri) dan expert reviews (penilaian para ahli). Penilaian para ahli diperlukan untuk uji validitas LKPD dan RPP. Pada Prototype 2 dilakukan one-to-one evaluation (evaluasi satu-satu). Pada Prototype 3 dilakukan uji lapangan (field test). Uji lapangan ini dilakukan untuk mengetahui praktikalitas LKPD.
Hasil validasi oleh praktisi pembelajaran, pakar Matematika dan pakar Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa LKPD telah valid ditinjau dari aspek kelayakan isi, pendekatan saintifik, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan, sedangkan untuk hasil validasi RPP oleh praktisi pembelajaran, pakar matematika menunjukkan bahwa RPP telah valid ditinjau dari aspek kesesuaian komponen RPP, perumusan indikator dan tujuan pembelajaran, pendekatan/strategi/ metode/model pembelajaran, kejelasan dan kerincian skenario pembelajaran dan penggunaan bahasa tulis. Berdasarkan hasil uji praktikalitas diketahui bahwa LKPD sudah praktis dari aspek kemudahan penggunaan, kesesuaian waktu dan kebermanfaatan LKPD. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:37
Last Modified: 25 Mar 2025 04:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item
View Item