Mansyur, Mansyur (2013) Kontribusi Motivasi Kerja Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MANSYUR_91217_2155_2014.pdf [thumbnail of B1_1_MANSYUR_91217_2155_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MANSYUR_91217_2155_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan, terkesan bahwa disiplin kerja guru
di SMA di Kecamatan Bayang rendah. Hal ini diduga dipengaruhi oleh motivasi
kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah. Jika kondisi ini dibiarkan
dikhawatirkan berpengaruh terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di
Bayang. Penelitian ini bertujuan mengungkap berapa besar kontribusi motivasi
kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di
kecamatan Bayang. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini 1) motivasi kerja
guu berkontribusi terhadap disiplin kerja guru 2) kepemimpinan kepala sekolah
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru 3) motivasi kerja guru dan
kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap
disiplin kerja guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis
penelitian ex post facto dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif jenis
statistik inferensial. Populasi penelitian ini adalah guru guru SMA Negeri di
Kecamatan Bayang berjumlah 131 orang dan sampel penelitian 54 orang sampel
penelitian dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling.
Data penelitian dihimpung melalui kuesioner berbentuk skala Likert, dan
dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan : a) motivasi kerja berkontribusi sebesar
13,7 % terhadap disiplin kerja guru, b) kepemimpinan kepala sekolah
berkontribusi sebesar 11 % terhadap disiplin kerja, c) secara bersama-sama,
motivasi kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi sebesar 20,1
% terhadap disiplin kerja guru. Ditemukan pula bahwa motivasi kerja guru
termasuk kategori baik (84,3%) dari sekor ideal, kepemimpinan kepala sekolah
cukup (75,1%) disiplin kerja guru ternyata baik (85,8 % ) dari sekor ideal.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja merupakan tolak
ukur untuk mendapatkan keberhasilan suatu organisasi, untuk meningkatkan
disiplin kerja maka dapat diupayakan dengan cara meningkatkan motivasi kerja
dan meningkatkan kepemimpinan, dari penelitian yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa dua variaabel tersebut merupakan faktor yang dapat
meningkatkan disiplin kerja seseorang.
Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa upaya peningkatan disiplin
kerja dapat dilakukan melalui motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah di
SMA Negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Meskipun demikian
masih banyak faktor lain yang diduga
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:36 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4672 |