Model Pengembangan Program Pelatihan Persepsi Bunyi dan Irama Berbasis Notasi Musik untuk Pembelajaran Guru Anak Hambatan Pendengaran

Martias Z., Martias Z. (2018) Model Pengembangan Program Pelatihan Persepsi Bunyi dan Irama Berbasis Notasi Musik untuk Pembelajaran Guru Anak Hambatan Pendengaran. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_MARTIAS_Z_1104292_5647_2018.pdf] Text
B1_7_08_MARTIAS_Z_1104292_5647_2018.pdf

Download (444kB)

Abstract

Guru banyak yang belum memahami menafsirkan audiogram dan
memanfaatkan Notasi Musik dalam pelaksanaan pelatihan persepsi bunyi dan
irama dalam pembelajaran guru anak hambatan pendengaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan program pelatihan persepsi bunyi dan irama
berbasis notasi musik untuk pembelajaran Guru Anak Hambatan Pendengaran
dengan memanfaatkan keterampilan notasi musik dalam meningkatkan
pembelajaran yang menyenangkan dalam pembelajaran mereka. Penelitian
menggunakan Penelitian dan Pengembangan (R & D) melalui pendekatan dengan
menggunakan model ADDIE. Model pelatihan dikembangkan dan diujicobakan
kepada 26 guru PBI dan guru anak hambatan pendengaran. Tiga orang penilai
diundang untuk melakukan penilaian terhadap model pelatihan ini. Program ini
dievaluasi pada efektifitas, validitas, dan praktikalitas. Data kuantitatif
dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis secara statistik menggunakan
program SPSS. Temuan penelitian ini adalah bahwa Model Pelatihan BKPBI
berbasis notasi musik untuk pembelajaran guru anak hambatan pendengaran
dianggap efektif, valid dan praktis, dan bahwa hal itu dapat digunakan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran program khusus BKPBI untuk pembelajaran
guru Anak Hambatan Pendengaran

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Program Pelatihan Notasi Musik Anak Hambatan Pendengaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:36
Last Modified: 25 Mar 2025 04:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item
View Item