Pengaruh Pendekatan Kontekstual dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Mahasiswa PGSD FIP UNP

Mansur, Mansur (2012) Pengaruh Pendekatan Kontekstual dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Mahasiswa PGSD FIP UNP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_MANSUR_70344_3788_2012.pdf] Text
B1_1_MANSUR_70344_3788_2012.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan pendekatan dalam
perkuliahan PAI bagi mahasiswa PGSD FIP UNP yang belum mengarah kepada
perkuliahan bermakna, sehingga hasil belajar masih dalam kategori rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Kontekstual
dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar Pendidikan Agama mahasiswa PGSD
FIP UNP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Ekspriment dengan
Rancangan penelitian factorial 2 x 2, dengan jumlah sampel 82 orang mahasiswa.
Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, terdiri dari tes awal ( pre-test ) dan
tes akhir ( pos-test ). Teknik analis data menggunakan Uji-t. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Hasil belajar PAI mahasiswa yang diajar
dengan pendekatan Kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar PAI mahasiswa
yang diajar dengan pendekatan Konvensional, 2) Hasil belajar PAI mahasiswa
pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan pendekatan Kontekstual lebih tinggi
dari hasil belajar PAI mahasiswa pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan
pendekatan konvensional, 3) Hasil belajar PAI mahasiswa pengetahuan awal
rendah yang diajar dengan pendekatan Kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar
PAI mahasiswa pengetahuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan
Konvensional. 4) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan dengan
pengetahuan awal terhadap hasil belajar mahasiswa.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil belajar PAI
mahasiswa yang diajar dengan pendekatan Kontekstual mengalami peningkatan
yang signifikan dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan
pendekatan konvensional 2) Hasil belajar PAI mahasiswa pengetahuan awal
tinggi yang diajar dengan pendekatan kontekstual tidak lebih tinggi secara
signifikan dari hasil belajar PAI mahasiswa yang diajar secara konvensional 3)
Hasil belajar PAI mahasiswa pengetahuan awal rendah yang diajar dengan
pendekatan kontekstual secara signifikan lebih tinggi dari hasil belajar PAI
mahasiswa yang diajar secara konvensional 4) Tidak terdapat interaksi antara
pendekatan pembelajaran dengan pengetahuan awal mahasiswa terhadap hasil
belajar mereka.
Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan
kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata
kuliah Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:29
Last Modified: 25 Mar 2025 04:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item
View Item