Wahidah, Syarifah (2020) Panduan Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Realitas dalam Meningkatkan Kohesi Sosial untuk Pencegahan Tawuran Pelajar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_SYARIFAH_WAHIDAH_18151068 _3823_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tawuran pelajar di tingkat sekolah semakin meningkat khususnya 
dikalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Layanan bimbingan kelompok 
dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah jarang dimanfaatkan untuk 
pencegahan tawuran pelajar. sebagian besar kegiatan bimbingan kelompok hanya 
dilaksanakan untuk menyelesaikan permasalahan belajar, pribadi, sosial dan karir. 
Penelitian ini bertujuan (1)menggambarkan kohesi sosial siswa dalam pencegahan 
tawuran pelajar, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan layanan bimbingan 
kelompok pendekatan konseling realitas dalam meningkatkan kohesi sosial untuk 
pencegahan tawuran pelajar, (3)mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan 
efektivitas panduan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan 
konseling realitas dalam meningkatan kohesi sosial untuk pencegahan tawuran 
pelajar.
Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan dengan 
model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation).
Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas
panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan 
panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument kohesi sosial 
dalam pencegahan tawuran, daftar wawancara, dan instrumen uji kelayakan 
materi panduan, instrument uji kelayakan tampilan panduan dan instrument 
uji keterpakaian panduan. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis
deskriptif, analisis kualitatif dan analisis nonparametrik dengan uji statistik
Koefisien Kendall’s (W) dan uji Wilcoxon Rank Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kohesi sosial dalam 
pencegahan tawuran pelajar cenderung rendah, (2) pelaksanaan bimbingan 
kelompok masih mengalami keterbatasan untuk mengatasi permasalahan tawuran 
pelajar, Guru BK belum terampil menyusun panduan layanan bimbingan 
kelompok untuk meningkatkan kohesi sosial dalam pencegahan tawuran pelajar, 
(3)tingkat kelayakan materi berada pada kategori sangat layak dengan persentase 
88,62%, dan tampilan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 
89,28%, dan tingkat penggunaan panduan pada guru BK berada pada kategori 
baik dengan persentasi 74,66%. Adanya peningkatan yang signifikan terhadap
kohesi sosial dalam pencegahan tawuran pelajar setelah implementasi 
panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh Guru BK sebagai 
bahan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan 
konseling realitas dalam meningkatkan kohesi sosial untuk pencegahan tawuran 
pelajar
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KOHESI SOSIAL, TAWURAN PELAJAR, KONSELING REALITAS, BIMBINGAN KELOMPOK | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:28 | 
| Last Modified: | 25 Mar 2025 04:28 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4665 | 
         