Rambe, Malim Soleh (2015) Kemampuan Menyusun dan Mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Layanan dan Rencana Kegiatan Pendukung Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Studi di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_MALIM_SOLEH_RAMBE_1103664_208_2015 msl.pdf [thumbnail of B1_1_MALIM_SOLEH_RAMBE_1103664_208_2015 msl.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_MALIM_SOLEH_RAMBE_1103664_208_2015 msl.pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru BK atau konselor dalam
memberikan pelayanan adalah kemampuan menyusun dan mengimplementasikan rencana
pelaksanaan layanan dan rencana kegiatan pendukung. Rencana pelaksanaan layanan dan
rencana kegiatan pendukung adalah kemampuan dalam menetapkan langkah-langkah yang
akan dilakukan dan dilalui dalam melaksanakan pelayanan. Dalam menyusun dan
mengimplementasikan, guru BK atau konselor akan mempersiapkan bagaimana cara
melaksanakan pelayanan yang terbaik untuk siswa, sehingga menjadi lebih bertanggung
jawab terhadap kegiatan pelayanan dan mendapatkan hasil yang optimal. Kenyataan awal di
SMA Negeri se-Kota Padang memperlihatkan bahwa guru BK atau konselor memiliki
kemampuan yang berbeda dalam menyusun dan mengimplementasikan rencana pelaksanaan
layanan dan rencana kegiatan pendukung. Ditambah lagi dengan kualifikasi pendidikan
mereka yang berbeda.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan membandingkan kemampuan
dalam menyusun dan mengimplementasikan rencana pelaksanaan layanan dan rencana
kegiatan pendukung oleh guru BK atau konselor SMA Negeri se-Kota Padang dengan
populasi sebanyak 81 guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (mixing
research) dengan model sequential explanatory design. Pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan teknik total sampling. Untuk data kuantitatif instrumen digunakan
instrument angket yang menghasilkan skor. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui
langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dikemukakan
oleh Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik persentase dan uji t untuk
melihat perbedaan dengan menggunakan SPSS For Windows Release 19.00.
Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Kemampaun menyusun dan
mengimplementasikan rencana pelaksanaan layanan dan rencana kegiatan pendukung berada
pada kategori sedang, (2) Motivasi dalam menyusun dan mengimplementasikan berada pada
kategori tinggi, sedangkan kualitatif berada pada kategori sedang, (3) Kesempatan
mengembangkan kemampuan menyusun dan mengimplementasikan berada pada kategori
rendah, (4) Analisis perbandingan hasil uji t mengungkapkan terdapat perbedaan yang tidak
signifikan antara kualifikasi pendidikan S1 BK dengan D3 BK, sedangkan antara S1 Non BK
dengan PPK memiliki perbendaan yang signifikan. Hasil penelitian ini menyarankan agar
meningkatkan pelayanan BK di sekolah, khususnya dalam menyusun dan
mengimplementasikan RPL dan RKP bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Rencana Pelaksanaan Layanan dan Kegiatan Pendukung |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:25 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4664 |