Pengembangan Model Pembelajaran DIVA Learning Management System pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman Pendidikan Vokasi Manajemen Informatika

Muchlis, Lita Sari (2018) Pengembangan Model Pembelajaran DIVA Learning Management System pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman Pendidikan Vokasi Manajemen Informatika. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_08_LITA_SARI_MUCHLIS_14193027_1669_2019.pdf] Text
B1_7_08_LITA_SARI_MUCHLIS_14193027_1669_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan model pembelajaran DIVA Learning Management System
merupakan upaya peningkatkan pemahaman mahasiswa karena berdasarkan
pengamatan terhadap model pembelajaran algoritma dan pemrograman terindikasi
rendah pemahaman mahasiswa yang bersifat abstrak pada mata kuliah Algoritma
dan Pemrograman. Untuk itu, tujuan penelitian ini mengembangkan model DIVA
Learning Management System yang memiliki validitas, efektivitas dan
praktikalitas.
Metodologi yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
Borg & Gall yang dimodifikasi ke dalam empat tahap: (1) identifikasi masalah
dan analisis kebutuhan; (2) perancangan dan pembuatan model; (3) validasi ahli
dan revisi; (4) uji lapangan dan revisi. Data dianalisis dengan mengembangkan
data kualitatif dan kuantitatif sehingga diperoleh untuk memahami dan
menerapkan konsep pengembangan model pembelajaran DIVA Learning
Management System. Produk diuji validitasnya oleh pakar dengan menggunakan
Aiken V, uji praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa dan efektifitas melalui hasil
belajar mahsiswa dengan uji t.
Penelitian ini menemukan model pembelajaran DIVA Learning
Management System dengan sintaks: a) Display; b) Infomation Search; c) Virtual
Problem Solving; dan d) Apprasial, serta produk dari: (1) model pembelajaran
DIVA Learning Management System (2) perangkat pembelajaran; (3) modul; dan
(4) media pembelajaran. Analisis data penelitian menunjukkan model
pembelajaran DIVA Learning Management System valid (0,785), media valid
(0,822), modul valid (0,840) dan perangkat pembelajaran valid (0,868), dan untuk
kategori praktis yaitu pengguna model DIVA Learning Management System bagi
dosen (98,04) praktis dan mahasiswa praktis (83,63).
Pada uji efektivitas penggunaan media bagi dosen 92,3% efektif digunakan
dan untuk hasil belajar mahasiswa dengan skor uji pretest dan posttest dapat
dilihat dari capaian gain score masing-masing responden. Hasil gain score
menunjukkan capaian skor berada pada level 0.486 dengan interpretasi bahwa
secara keseluruhan terjadi peningkatan skor setelah diberikan perlakuan pada
responden. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model
yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Management System
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:24
Last Modified: 25 Mar 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4660

Actions (login required)

View Item
View Item