Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS) Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Marzuqo, Khusnal (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS) Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_KHUSNAL_MARZUQO_1109900_6632_2016.pdf] Text
B1_01_KHUSNAL_MARZUQO_1109900_6632_2016.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Hal ini terlihat dari deskripsi jawaban mahasiswa yang belum mampu memahami konsep dan melakukan
pemecahan masalah dengan benar. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang masih berpusat pada dosen. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan model pembelajaran SSCS, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester VI program studi pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau tahun akademik 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U untuk hipotesis 1, 4 dan 5, uji t’ untuk hipotesis 2, uji t untuk hipotesis 3 dan 6, dan metode grafik untuk hipotesis 7 dan 8. Berdasarkan temuan dan pembahasan, dapat disimpulkan (1) pemahaman konsep dan pemecahan masalah mahasiswa yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari mahasiswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. (2) pemahaman konsep dan pemecahan masalah mahasiswa berpengetahuan awal tinggi yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari mahasiswa berpengetahuan awal tinggi yang belajar dengan pembelajaran konvensional. (3) pemahaman konsep dan pemecahan masalah mahasiswa berpengetahuan awal rendah yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS lebih tinggi dari mahasiswa berpengetahuan awal rendah yang belajar dengan pembelajaran konvensional. (4) tidak terdapat interaksi antara pengetahuan awal dan model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep mahasiswa dan pemecahan masalah mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:24
Last Modified: 25 Mar 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item
View Item