Supervisi Teknik Workshop untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Kelas di SDN 02Kacang Kabupaten Solok

Bahri, Syamsul (2017) Supervisi Teknik Workshop untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Kelas di SDN 02Kacang Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SYAMSUL_BAHRI_14124052_1052_2017.pdf] Text
B1_01_SYAMSUL_BAHRI_14124052_1052_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh masih rendahnya kompetensi pedagogik
dan profesional guru kelas di SDN 02 Kacang dalam melaksanakan pembelajaran.
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah langkah-langkah
penerapan supervisi teknik workshop dalam rangka meningkatkan kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional guru kelas dalam melaksanakan
pembelajaran di SDN 02 Kacang? (2) Bagaimanakah peningkatan kompetensi
pedagogik guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran di SDN 02 Kacang
setelah dilaksanakan supervisi teknik workshop? (3) Bagaimanakah peningkatan
kompetensi profesional guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran di SDN
02 Kacang setelah dilaksanakan supervisi teknik workshop? Tujuan penelitian
adalah untuk mendeskripsikan penerapan supervisi teknik workshop, peningkatan
kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas di SDN 02 Kacang.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus pada akhir semester II 2015/2016 dengan subjek
penelitian semua guru kelas yang berjumlah 6 orang. Data penelitian dikumpulkan
melalui lembar observasi penerapan supervsi teknik workshop, penilaian
kompetensi pedagogik dan profesional guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Penerapan supervisi teknik workshop di SDN 02 Kacang mengikuti
prosedur berdasarkan pendapat Sahertian (2000:106) yang dibagai menjadi empat
langkah utama yaitu: (1) perencanaan yang terdiri dari: a) merumuskan tujuan
workshop (output yang akan dicapai), b) merumuskan pokok-pokok masalah, c)
menentukan prosedur pemecahan masalah, d) menentukan alat dan bahan
perlengkapan yang dipakai selama workshop, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan
(4) refleksi yang terdiri dari a) merumuskan kesulitan-kesulitan yang dihadapi, b)
merumuskan rencana tindak lanjut sebagai follow up kegiatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terjadi peningkatan kompetensi
pedagogik guru kelas di SDN 02 Kacang setelah diterapkannya supervisi teknik workshop
yang pada pada siklus I 68,67 pada siklus II menjadi 86,01. Terjadi peningkatan
kompetensi profesional guru kelas di SDN 02 Kacang setelah diterapkannya supervisi
teknik workshop, pada siklus I 65,28 dan pada siklus II menjadi 86,11. Berdasarkan
temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa supervisi teknik workshop dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif untuk melaksanakan supervisi terhadap guru
yang sebagian besar memiliki masalah yang sama

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PTS, KOMPETENSI PEDAGOGIK, KOMETENSI PROFESIONAL, SUPERVISI TEKNIK WORKSHOP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:24
Last Modified: 25 Mar 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4653

Actions (login required)

View Item
View Item