Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IS SMAN 1 Batipuh.

Wiska, Siltima (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IS SMAN 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SILTIMA_WISKA_1201235_4577_2016.pdf] Text
B1_01_SILTIMA_WISKA_1201235_4577_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikembangkan pada diri siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika itu sendiri. Namun pada kenyataannya di kelas XI IS SMAN 1 Batipuh pemahaman konsep siswa masih perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dan eksperimen semu dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IS SMAN 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan sampel kelas XI IS2 sebagai kelas eksperimen dan XI IS3 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuis dan tes akhir pemahaman konsep. Data hasil kuis dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, sedangkan tes akhir dianalisis menggunakan uji statistik nonprametrik yaitu uji Mann-Whitney.
Setelah dilakukan analisis data, dapat ditarik beberapa kesimpulan. Pertama, perkembangan pemahaman konsep matematika cenderung mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Kedua, analisis tes akhir menunjukkan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional dengan taraf signifikan 0,05

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:24
Last Modified: 25 Mar 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4652

Actions (login required)

View Item
View Item