Hidayat, Syaiful (2017) Peningkatan Minatdan Hasil Belajar Operasi Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di KelasIV SDN09 Pintuai Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_SYAIFUL_HIDAYAT_14124051_534_2017.pdf [thumbnail of B1_01_SYAIFUL_HIDAYAT_14124051_534_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_SYAIFUL_HIDAYAT_14124051_534_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan
yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru
masih konvensional sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti
pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pendekatan
konstruktivisme yang dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan peningkatan minat dan hasil belajar
operasi pecahandengan menggunakan pendekatan konstruktivismedi kelas IV
SDN 09 Pintuai Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap
siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai
pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester II tahun ajaran 2015/2016 di SD Negeri 09 Pintuai Pasaman. Data
penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan
hasil tes
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan
sebagai berikut: 1) Penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan
minat belajaroperasi pecahandi kelas IV SDN 09 Pintuai Kabupaten Pasaman. 2)
Penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar operasi
pecahandi kelas IV SDN 09 Pintuai Kabupaten Pasaman
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 04:22 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 04:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4648 |