Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Khairunnisa, Khairunnisa (2018) Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_KHAIRUNNISA_16124107_1771_2018.pdf] Text
B1_01_KHAIRUNNISA_16124107_1771_2018.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Quantum
Teaching dan menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Quantum Teaching dan menggunakan model pembelajaran konvensional; dan 3) interaksi antara model pembelajaran Quantum Teaching dan motivasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar di Tembilahan Kota. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dengan kelas VB sebagai kelas kontrol dan kelas VD sebagai kelas eksperimen.
Data penelitian diperoleh dari angket dan tes. Analisis data menggunakan uji-t dan anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Quantum Teaching lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional; 2) hasil belajar dengan menggunakan model Quantum Teaching lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Quantum Teaching dan motivasi terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:22
Last Modified: 25 Mar 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item
View Item